Pengen Punya Kebun Pepaya

Dalam beberapa minggu ini saya terngiang-ngiang (juga tergoda banget) untuk memluai budidaya pepaya, gegara join group Asosiasi Petani Pepaya. Terus terang,kalo philip kan terang terus, sebagai sarjana pertanian (Mekanisasi Pertanian, tepatnya) saya, sejak lulus, belom pernah terlibat dalam kegiatan praktis budidaya. Menjelang pensiun, membayangkan alangkah damainya berbudidaya pertanian (kalo ada tanahnya, ada bibitnya, dan ada pasarnya).

Pertama-tama tentu perlu lahan yang memenuhi syarat. Air yang cukup, kedalaman tanah yang memadai. Nantilah saya pelajari lagi soal lahan ini.

TANAH 1200 M2 DI CIDOKOM RUMPIN BOGOR (5)

Kedua, bibit yang unggul dari jenis yang lagi ngetrend di pasar. Pepaya California dan pepaya Calina sekarang lagi ngetrend. Gimana dapet bibit yang diperoleh dari benih/biji pepaya unggul tersebut.

Ketiga penanaman dengan jarak tanam ideal, guludan yang memadai.

12507118_203263520020193_5790579527296197740_n

FB_IMG_1452044686041

Pemupukan yang sesuai takarannya, disertai dengan cara-cara pemberantasan hama, mungkin ideal tanpa pestisida.

FB_IMG_1453185695698

FB_IMG_1452061514412

Tentang Eid

Blog ini merekam pemikiran, ucapan dan tindakan saya di berbagai aktivitas; sebagai pekerja, pemilik pekerjaan & profesi, pemilik bisnis dan investor serta sebagai saya sendiri.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

2 Balasan ke Pengen Punya Kebun Pepaya

  1. andik berkata:

    Selamat pagi pak, saya ingin sekali punya kebun pepaya tapi masih minim pengetahuan akan pertanian pepaya. Saya mau munta pendapat bapak, yaya punya luad lahan p: 40m L : 17 berapakah jara ideal untuk menanam pepaya dg luas tersebut. Kira2 membutuhkan berapa bayak bibit papaya yang saya perlukan. Dan pupuk apa saja yang di butuhkan? Akhir akhir ini saya tertarik akan menanam pepaya california. Mohon dengan dangat pencerahan dari bapak. Sekian terima kasih. Andxxxxtou@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s