Empat Tahun Kurang Satu Bulan

IMG_00000281

Sebulan lagi, 15 Juni 2014, tepat empat tahun ketika saya menerima SK Majelis Pendidikan Tinggi PP Muhammadiyah, yang memberi amanat kepada saya untuk melaksanakan tugas sebagai Wakil Rektor UHAMKA Bidang Pendidikan dam Pengajaram, Penelitian, Pengabdian Masyarakat, Penjaminan Mutu dan Pencitraan Publik. Menurut SK tersebut sebenarnya masa jabatan tersebut berakhir pada 20 Mei 2014, mungkin karena SK baru diserahkan 15 Juni dianggap mundur sebulan. Mestinya ya gak kan. Tetapi memang sampai saat ini belum ada SK Pemberhentian dan juga SK lainnya spt SK Perpanjangan, sehingga saya tetap menjalankan tugas sebagaimana layaknya. Hasil Rapim Universitas memang memutuskan masa jabatan para Wakil Rektor diperpanjang sampai 31 Agustus 2014; sehari sebelum tahun anggaran 2014/2015 dimulai (Ternyata sudah ada SK Majelis Dikti, tertanggal 11 Mei 2014, yang memperpanjang masa tugas para Wakil Rektor UHAMKA, sampai dengan 31 Agustus 2014). Secara singkat saya akan muhasabah, terkait dengan laporan pelaksanaan tugas saya tersebut. Ini bisa dilakukan dengan cara merujuk pada Renstra dan laporan pencapaiannya.
Pada Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Indikator Kinerja mencakup capaian posisi Uhamka dalam dunia pendidikan, yaitu ranking universitas. Periode Februari 2014, posisi Uhamka secara nasional mencapai posisi 64 (versi 4ICU) dan ranking 77 (versi webometrics). 100 Besar nasional, tidak terlalu jelek saya kira mengingat secara ada lebih dari 300 Perguruan Tinggi. Kalo PTN dikeluarkan, posisi Uhamka dalam PTS, secara nasional berada pada urutan 34 (versi 4 ICU) dan posisi 37 (versi Webometrics). Ya kira-kira masuk 50 besar PTSlah. Di lingkungan PT Muhammadiyah, posisi Uhamka secara konsisten (baik versi 4ICU maupun Webometrics) posisi Uhamka berada di urutan ke-5, setelah UM Malang, UM Yogyakarta, UM Surakarta dan Universitas Ahmad Dahlan.
Capaian indeks prestasi kumulatif dan lama waktu penyelesaian studi sudah di atas targei indeks kinerja kunci yang ditetapkan dalam Rentra 2011-2015. Sayang target akreditasi Progran Studi masih belum tercapai. Saat ini dari 34 Program studi yang ada, bariu 5 Program Studi yang mencapai nilai A, 10 Prodi masih C dan 19 Prodi mencapai nilai B. Meski 10 Prodi yang nilainya C sudah mengajukan borang untuk re-akreditasi, sepertinya agak berat untuk meningkatkannya semua. Meskipun demikian, membaca Berita Acara hasil visitasi Akreditasi Instusi Perguruan Tinggi (AIPT) sudah cukup mengembirakan. InsyaAllah, jika tidak ada hal-hal di luar kekuasaan manusia, nilai A akan bisa dicapai. Mohon do’a semuanya.

Pengunaan ICT dalam pemantauan pembelajaran diakui sudah sangat memadai. Sistem Informasi Akademik, melalui Akademik on-Line dapat memantau kegiatan pembelajaran secara cepat dan akurat. Dosen mengisi nilai UTS dan UAS dapat dilakukan secara on-line. Mahasiswa dengan mudah melihat hasil UTS dan UAS juga melalui akademik On-line. Jadual kuliah, Ruang kuliah dapat dipantau on-line.
Di Bidang penelitian, dalam 3 tahun terakhir jumlah judul penelitian yang dilakukan oleh dosen Uhamka meningkat secara signifikan. Dana internal disediakan sekira 2,5 milyar per tahun mulai banyak terserap. Bahkan untuk penelitian desentralisasi dana dari Dirjen Dikti, Uhamka sudah masuk kategori madya, dimana reivew porposal penelitian dosen Uhamka di review oleh reviewer internal. Tahun 2013 dana yang diserap mencapai 950jt rupiah dan tahun 2014, baru saja kontrak ditandatangani nilainya mencapai 2,6 milyar rupiah.
Di bidang Pemberdayaan dan pengabdian masyarakat, meski tak semulus di bidang penelitan, pola sudah terbentuk. Pemberdayaan Cabang dan Rating Muhammadiyah di DKI Jakarta dan juga di Depok dan Tangsel mulai nampak kegiatannya, dimulai oleh kegiatan penelitiannya lalu disambung dengan kegiatan pengabdiannya. Kegiatan-kegiatan pengambidan juga terus meningkat baik yang dilakukan oleh dosen maupun yang berkolaborasi dengan mahasiswa. Program PPL, PKL, KKS dan sejenisnya secara parsial, masing-masing Fakultas sudah dilaksanakan dengan baik. SEdang digagas, program terintegrasim KUliah Kerja Nyata Program Pengembangan Masyarakat pada tingkat Universitas. Panduan Program KKN-PPM yang disipakan oleh LPPM akan segera dibahas di tingkat Universitas agar Tahun akadmeik 2014/2015 dapat dimulai. Mungkin beberapa Fakultas saja dulu. Yang nampaknya sudah siap; FIKES dan FAI.
LPPM Uhamka juga mendapat kepercayaan dari Badan Diklat Kemendagri untuk melaksanakan Bimbingan Teknis (BIntek) untuk meningkatkan kapasitas anggota DPRD> Sudang beberapa angkatan sejak 2012 dilaksanakan. InsyaAllah di 2014 LPPM Uhamka juga siap melaksanakan Bintek tersebut.
Kegiatan LPM (Lembaga Penjaminan Mutu) Uhamka diawali dengan berbagai pelatihan untuk kemudian merumuskan kebijakan mutu, disusul dengan menyusunan standar mutu untuk tingkat universitas (Biro dan Lembaga), tingkat Fakultas dan Program Studi. Kegiatan Evaluasi Mutu Internal dilaksanakan setiap semester dan hasilnya menjadi umpan balik bagipenignkatan mutu, khususnya untuk Program Studi. Juga, studi-studi kepuasan dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni dan pengguna mulai dilaksanakan secara berkala. Bahkan untuk evaluasi proses pembelajaran oleh dosen, dilakukan mahasiswa secara on-line ketika metreka mendaftar ulang.
Beberapa catatan yang masih kurang, terkait dengan sumberdaya manusia; baik yang menyangkut pendidik (dosen) dan tenaga kependidikan (karyawan), juga manajemen dan kepemimpinan. Dengan jumlah mahasiswa 15ribuan, Uhamka butuh secara rata-rata sekitar 500 orang dosen. Dari 500 orang dosen ini, mestinya lebih dari setengah yang berpendidikan S3 dan juga lebih dari setengah yang punya jabatan lektor kepala/guru besar. Sepertinya masih agak jauh. Oleh karenanya, penyiapan SDM ini penting dan mendesak, karena dari sini semua bersandar.
Secara keseluruhan, meski bukan karena kontribusi saya, kemajuan Uhamka dalam 4 tahun terakhir terlihat secara signifikan. Maju terus Uhamka.

Tentang Eid

Blog ini merekam pemikiran, ucapan dan tindakan saya di berbagai aktivitas; sebagai pekerja, pemilik pekerjaan & profesi, pemilik bisnis dan investor serta sebagai saya sendiri.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s