Ada yang mau Gabung ?

Rumah Bagus

Dalam waktu dekat, kami memang butuh investor yang bisa menyediakan lahan dan dana untuk penyiapannya. Gampangnya begini. Ini merupakan proyek kerjasama, dimana investor menyediakan dana untuk pembelian dan pematangan lahan. KGR yang memasarkan dan membangun rumahnya. Semua dokumen masih tetap atas nama investor, sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak direncanakan; paling parah misalnya proyek macet, maka semua asset masih tetap milik investor. Ini merupakan jaminan keamanan bagi investor.
Proses operasi, mulai pengurusan surat-surat seperti stie-plan, pecah sertifikat, ijin prinsip, ijin mendirikan bangunan atas kuasa pemilik lahan (investor). Memasarkan dan membangun serta proses administrasi lain dilakukan oleh KGR.
Undangan/tawaran ini berlaku atas basis proyek, yang biasanya berlangsung selama setahun; tergantung ukuran proyeknya. Kluster dengan 10 unit rumah misalnya, akan berlangsung dalam satu tahun. (Catatan : sementara ini kami hanya bergerak untuk kluster yang kecil-kecil saja, tidak lebih dari 10 unit rumah).
Dua tawaran proyek ke depan : satu di dalam komplek Depok Indah-1, ada lahan seluas sekitar 1000m2, ditawarkan dengan harga 1,3jt/m2, katakan ditambah biaya pajak dan urusan surat-surat jadi 1,35jt/m2 sehingga dibutuhkan dana sebesar 1,35M. Jika luas efektif 65%, maka harga efektif lahan adalah 1,35jt/0,65 = 2jt/m2. Ini merupakan harga dasar bagi investor. Untuk menekan harga dasar, luas efektif idelanya tidak kurang dari 70%. Sayangnya aturan baru, luas efektif adalah 60%. Faos, fasum berupa jalan dan taman minimal 40%.
Selanjutnya, katakan biasa produksi untuk lahan dan rumah 2,5jt/m2 maka investor sudah memperoleh pertambahan nilai 25%. Harga jual rumah dan lahan dipasarkan seharga 3,5jt/m2 maka ada peningkatan nilai lahan (karena ada bangunan di atasnya) sebesar 1jt/m2. Jika bagi hasil antara investor dan perusahaan (investor cukup duduk manis memantau operasi proyek) 30% untuk investor dan 70% untuk KGR, maka investor akan memperoleh tambahan bagi hasil sebesar 300rb/m2 sehingga total yang akan diterima investor ketika rumah sudah dibayar adalah 2,8jt/m2 dari luas lahan efektif. Modal investor adalah 2jt/m2 sehingga return on investmen bagi investor sebesar 0,8/2 x 100% = 40%. Jika proyek berjalan lancar dan hanya butuh waktu satu tahun ini merupakan ROI yang besar, untuk tidak mengatakan besar sekali.
Apa resiko bagi investor ? Resiko karena waktu pelaksanaan proyek. Jika proyek molor maka ROInya akan turun, tapi sejalan dengan waktu bisa saja harga lahan sudah naik. Resiko terjelek adalah jika proyek macet. Tetapi oleh karena semua surat-surat atas nama investor, investor dapat menarik surat kuasa yang sudah diberikan kepada perusahaan pengembang. Nilai aset mungkin sudah meningkat, sehingga resiko bagi investor boleh dibilang kecil, untuk tidak menyatakan tidak ada.
Masih ada lagi calon lokasi kluster, di samping SD Muhammadiyah Kukusan, luasnya 670m2 dengan harga penawaran 1,8jt/m2. Ada yang tertarik ?

Tentang Eid

Blog ini merekam pemikiran, ucapan dan tindakan saya di berbagai aktivitas; sebagai pekerja, pemilik pekerjaan & profesi, pemilik bisnis dan investor serta sebagai saya sendiri.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s