PLPG 2012

Tahun ini saya ditugasi sebagai Ketua Pelaksana Sertifikasi Guru Rayon 137, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Alhamdulillah, pekerjaan terbesar (dan terberat) Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (lebih familiar dengan singkatan PLPG) sudah selesai sejak 12 Agustus 2012.
Hasilnya, cukup menggembirakan. Secara kasar, Tahap 1-5 yang lulus mencapai 70%, dan Tahap 6-9 yang lulus mencapai 85%. Ujian Ulang-1 untuk seluruh Tahap sudah dilaksanakan 25 Agustus 2012. Ujian Ulang-2 insyaAllah akan diselenggarakan, Ahad 9 September 2012.
Secara numerik, dengan angka-angka dilaporkan sebagai berikut: Kuota 2012 = 4051, luncuran 2011 = 41, sehingga total peserta 4092. Dari 9 Tahap pelaksanaan PLPG, tidak memenuhi panggilan 89 dengan berbagai alasan, yang paling banyak Tanpa Alasan, sehingga peserta yang mengikuti kegiatan PLPG 2012 adalah 4003. Dari seluruh peserta, 785 dinyatakan belum memenuhi syarat untuk lulus (jadi, yg memenuhi syarat 3218) dan sudah menempuh Ujian Ulang-1. Ternyata masih ada 283 orang yang masih belum memenuhi syarat untuk lulus; 277 Ujian Tulis Nasional belum lulus; 4 Ujian Tulis Lokal belum lulus dan 6 Peer-teaching belum lulus. Ada 4 yang harus mengikuti 2 mata ujian.
Kepada yang tidak dipanggil untuk ikut Ujian Ulang-2 saya sampaikan ucapan selamat. Kepada yang masih harus mengulang, selamat berjuang. semoga Allah memberi kemudahan bagi Ibu/Bapak guru sekalian…

Tentang Eid

Blog ini merekam pemikiran, ucapan dan tindakan saya di berbagai aktivitas; sebagai pekerja, pemilik pekerjaan & profesi, pemilik bisnis dan investor serta sebagai saya sendiri.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

6 Balasan ke PLPG 2012

  1. Herman Wong berkata:

    PAK BISA JELASKAN NGAK TENTANG PENGERTIAN DARI PLPG

    • muchdie berkata:

      PLPG bukan definisi, apalagi konsep. Maaf, kalo tulisan ini kurang deskriptif. PLPG singkatan dari Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru, satu mode dalam proses sertifikasi guru yg dilaksakan oleh Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan dilaksanakan oleh LPTK (Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan), bisa IKIP, bisa FKIP, bisa STKIP.

  2. Herman Wong berkata:

    begini pak, saya khan mau buat skripsi tentang PLPG niehhhh…
    cuman saya agak binggunya di sejarah PLPG dengan pengertian yang mendasar tentang PLPG sekaligus landasan yuridis tentang PLPG………
    help please ya MR…

    • muchdie berkata:

      Kalo gitu, jangan lsg ke PLPG-nya, Fokuskan ke Sertifikasi Guru atau ke Profesionalisme Guru. Landasan peraturannya jelas, teorinya juga cukup banyak. PLPG itu salah satu metode dlm sertifikasi guru, khususnya guru dalam jabatan. Utk guru pra-jabatan muali 2013 nanti ada Program Profesi Guru (PPG). Semua bahan, jika Anda mau menulisnya, mudah diakses kok.

  3. herman wong berkata:

    kalau dijudul skripSi saya kan pak muchdie yaitu tentang ” PERANAN PLPG DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PROFESIONALITAS GURU PAI TINGKAT SD DIDAERAH SUMATERA UTARA”…..
    jadi kira2 gmana nieehhh pak dipembahasanya, dan cara aksesnya…??????
    mohon bantuannya ya pak soalnya saya belum tahu banget tentang PLPG ini sehingga saya agak bingung apha yang harus saya mulai….

  4. herman wong berkata:

    gmna pak tanggapanya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s