Politisi, Birokrat dan Pengusaha

Di kalangan komunitas iptek, dikenal tiga elemen penting yang berperan, dikenal dengan ABG; Akademisi, Bisnis dan Goverment. Akademisi penting terkait dengan knowledge accumulations dan juga sepabai pemasok tenaga-tenaga di bidang lemlitbang dan rekayasa. Dunia usaha sebagai penerap dan pengguna hasil-hasil litbangyasa dan pemerintah selain punya instrument mendorong kemajuan iptek, juga punya peran langsung sebagai pemasok hasil-hasil litbang. Dalam UU 18/2002, perang masing-masing kelembagaan iptek sudah cukup jelas.

Begitu pentingnya peran dunia usaha dan birokrat ternyata juga ditemukan dalam simpul-simpul penyalahgunaan kekuaasaan untuk memperkaya diri dan mengakibatkan kerugian negara. Korupsi. Semalam, dalam diskusi di satu station TV saya menyimak bahwa ada tiga simpul penting maraknya korupsi di negara tercinta ini, yaitu politisi (di senayan ataupun di daerah), birokrat (di departemen ataupun di pemda) dan pengusaha (di mana aja).

Jadi, hati-hatilah jika Anda berada di dua simpul penting itu. Politisi pasti tidak akan abadi. So gak usahlah di perhitungkan, walaupun bisa jadi sangat menentukan. Paling-paling dia akan tenggelam ketika saatnya tiba..

Tentang Eid

Blog ini merekam pemikiran, ucapan dan tindakan saya di berbagai aktivitas; sebagai pekerja, pemilik pekerjaan & profesi, pemilik bisnis dan investor serta sebagai saya sendiri.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s