Sepuluh Hari Terakhir

Di sepuluh (tepatnya sembilan karena Ramadhan tahun ini menurut Hisab berumur 29 hari) hari terakhir bulan ramadhan mestinya kita makin betah di Mesjid. I’tikaf, berdiam diri sambil berzikir.

Faktanya, kita (paling tidak saya) malah makin sibuk di luar Mesjid. Yang mau pulkam sibuk menyiapkan segala sesuatunya. Mall dan pasar-pasar yang semakin rame kan. Saya paling males kalo diajak, diminta menganter ke pasar. Mungkin kalo ke mall masih mendingan lah. Tapi kepadatan lalu lalang orang, susah cari parkir dan bahkan antri ketika mau keluar bikin males. Malam minggu kemaren, sehabis Isya kami ke Margo City, ampuuun padatnya. Cari parkir sudah banget karena lebih banyak yang datang (ada midnight sale) dari yang keluar.

Hari ke-21, saya dan keluarga serta adik-adik saya dan keluarganya (kecuali beberapa orang yang gak bisa kumpul dan yang gak lengkap; kami 10 bersaudara) kumpul di rumah emak; di rumah ibu kami. Rumah kecil yang saya buat lima tahun yang lalu, setelah Bapak meninggalkan kami. Lumayan juga lah di tengah berbagai kesibukan kami semua, kami bisa berkumpul. Ibu tentu senang, karena walaupun rumah yang ditinggalinya berada di sekeliling adik-adik, sehari-hari di rumah beliau sendirian. Buka puasa sangat nikmat, diantara celotek dan lalu lalang cucu dan keponakan. Itu justru yang mebuat suasana meriah.

Hari ke-22, masih padat dengan kegiatan kampus. Saya masih menyisihkan waktu untuk melanjutkan editing buku yang ditulis dari hasil penelitian  selama tiga tahun. Gak terasa-tau-tau sudah ashar. Padahal ada undangan rapat dosen dan lanjut buka puasa bersama di kampus FE, di kampus MIPA dan di kampus Limau acara audiensi dengan BEM-Uhamka. Saya dapat tugas ke kampus FE di Jln Raya Bogor No. 99. Setelah menembus lalu lintas padat Jakarta selama hampir satu jam, saya tiba di lokasi ketika acara sudah mulai. Mendapat kesempatan untuk menyampaikan hal-hal penting terkait dengan rencana operasional akademis di tahun 2011/2012. Kemudian dilanjut dengan pengantar berbuka puasa oleh Dr. Masri. Setelah meneguk teh panas dan kolak, lanjut sholat magrib. Jatah box makan saya biarkan di tempatnya dengan rencana akan disantap seusai solat. Sayang, ketika balok, kotak sudah tidak ada di tempatnya. Padahal belum disentuh.

Hari ke-23, agaknya kegiatan cukup padat. Dimulai dengan rapat koordinasi tentang sistem informasi akademik, jam 10.00-selesai; yang saya perkirakan dzhuhur selesai. Istirahat sholat saja (jadi isho saja gak pake ma), acara dilanjutkan dengan sosialisasi SK Rektor tentang Beban Kerja Dosen Tetap. Ini penting dalam rangka optimalisasi dan pemberdayaan dosen, termasuk dosen PNS dipekerjakan. Rapat ini harus selesai sebelum ashar karena jam 16.00 akan diselenggarakan pengajian ramadhan (penutupan kegiatan kampus) dan pembagian THR dan bingkisan lebaran. Acara akan dilanjutkan dengan Buka Puasa Bersama seluruh Civitas-Akademika Uhamka. Lokasi kegiatan di kampus Limau. Bisa diduga, besok dan hari-hari berikutnya kampus akan lengang walaupun libur Idul Fitri baru dimulai 26 Agustus.

Rabu, 24 Agustus 2011 masih ada lagi acara Bukber. Kali ini atas undangan Dekan FKIP, Fakultas dengan jumlah mahasiswa terbesar di Uhamka. Lokasi kegiatan akan berada di kampus Tanah Merdeka, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Saya membayangkan acara akan cukup meriah karena didahului dengan rapat dosen menyangkut kegiatan perkuliahan di tahun akademik 2011/2012. Oh iya, pagi hari nya ada undangan untuk menyaksikan ujian promosi doktor Budhi Akbar di Pogram Pascasarna Universitas Pendidikan Indonesia di Bandung. Insya Allah saya akan hadir, berangkat sehabis shubuh karena acaranya jam 08.00-09.30.

Rasa-rasanya masih banyak acara bukber menjelang akhir ramadhan tahun ini. Kalo gak, sepertinya syik-asyik kalo buka puasanya di mesjid; sambil i’tikaf.

Selamat menikmati hari-hari sepuluh (eh sembilan) terakhir ramadhan tahun ini. Kita tidak tau apakah masih bisa bertemu lagi di ramadhan tahun depan ???

Tentang Eid

Blog ini merekam pemikiran, ucapan dan tindakan saya di berbagai aktivitas; sebagai pekerja, pemilik pekerjaan & profesi, pemilik bisnis dan investor serta sebagai saya sendiri.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s