Ijazah Baru..

Minggu lalu, saya ditelp, agak darurat, oleh Kepala Biro Adminitrasi Akademik bahwa ada seseorang yang akan minta legalisasi Ijazah Akta-IV, Ijazah untuk mengajar, yang saat ini sudah gak laku karena ada Program Sertifikasi Guru.

Ternyata, Ijazah Akta-IV tersebut adalah Ijazah Palsu, yang dengan kasat mata mudah sekali terlihat.  Setiap Ijazah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, selalu ada kalimat “Basmallah”, tulisan Bismillahir Rahmanir Rahim dalam Bahasa Arab. Yang Kedua, Ijazah yang menandatangani adalah Rektor dan Dekan Fakultas. Ini ditandatangani oleh Rektor dan Ketua Program Studi. Stempelnya kok stempel Fakultas, lha yang tanda tangan Rektor. Terus, tanda tangan Rektor dan Ketua Program Studi yang dimaksud, juga gemeteran.  Jauh dari mirip. Selanjutnya, Program Studinya juga salah, gak ada kata “Pendidikan”nya, kalo yang dimaksud dengan “Pendidikan Ekonomi”.  Ijazah Akta-IV itu berlaku untuk semua Prodi, jadi gak ada yang khusus.  Pada Transkrip, Daftar mata kuliahnya juga jauh dari benar.  Di Uhamka, Transkrip juga yang tandatangan  Rektor dan  Dekan.  Kesimpulannya, Ijazah Akta-IV tersebut Palsu. Yang lebih parah lagi, pengguna juga gak tau kalau Akta-IV sekarang sudah tidak laku lagi.

Mungkin ybs korban murni atau lagi ngetest. Korban tidak datang sendiri, karena katanya tinggal di Lampung.  Mengaku adik korban, seseorang yang masih agak muda (yang ternyata ditemai oleh dua orang berseragam menunggu di luar), memaksa untuk menarik Ijazah Akta-IV Palsu beserta Transkripnya.

Saya minta kepala BAK, agar ybs ketemu saya saja. Rupasnya emang nekat juga. Didampingi Kabag Administrasi Akademik, saya jelaskan bahwa Ijazah Akta IV beserta Transkripnya Palsu.  Aslinya kami tahan untuk pengusutan. Saya minta dibuatkan Tanda Terima-nya.

Saya kemudian minta Alamat Lengkap pemilik Ijazah tersebut. Entah Alamat bener entah bukan, jangan-jangan alamat palsu. Kemudian saya kirim Surat Panggilan untuk menghadap Wakil Rektor Bidang Akadamis, Selasa 4 Januari 2010. Tembusan kepada Dekan dan yang namanya dipake untuk pemalsuan. Seperti diduga, ketika saatnya tiba, yang bersangkutan tidak hadir.

Memang akhir-akhir ini nama Uhamka sering “icatut” oleh pengguna Ijazah Palsu> Sebelumnya Ijazah Program Diploma Bahasa Jepang, pada Uhamka tidak ada Prodi Diploma Bahasa Jepang.

Mulai Tahun 2011 ini, bulan Januari lah, Uhamka akan menggunakan kertas Ijazah yang aman dari pemalsuan. Yang dengan mudah dicek menggunakan sinar ultraviolet. Juga ada hologram. Tadinya, juga dipertimbangkan untuk menggunakan teknik, yang kalo Ijazah tersebut difotocopy akan muncul kata FOTOCOPY. Karena beberapa pertimbangan diputuskan untuk tidak menggunakannya.

Soal “academic security” sepertinya makin kritikal. Semoga Ijazah Baru ini bisa mencegah munculnya pemalsuan-pemalsuan.

 

 

Tentang Eid

Blog ini merekam pemikiran, ucapan dan tindakan saya di berbagai aktivitas; sebagai pekerja, pemilik pekerjaan & profesi, pemilik bisnis dan investor serta sebagai saya sendiri.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Ijazah Baru..

  1. Tatang P berkata:

    Ass.wr.wb, mohon penjelasan apakah masih ada program akta 4 di Uhamka tahun 2011. Atas perhatian saya haturkan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s