JADWAL HARIAN DI BULAN RAMADHAN, Nadia Saleh Alatas

Sahabat…
Seiring akan tibanya bulan Ramadhan Mubarak, Bulan yg penuh berkah, penuh Maghfirah, penuh Rahmat, tentunya kita tidak akan menyia nyiakan kesempatan yang sangat berharga ini.

Sudah seharusnya bagi setiap Mukmin untuk memuliakan bulan Ramadhan dengan memelihara diri dari kemungkaran,tenggelam dalam taat kepada Allah, seperti sholat, membaca tasbih, dzikir dan membaca ALqur’an sekaligus mentadaburinya.

Dibawah ini, ada Jadwal ibadah, yang InsyaAllah bisa menjadi panduan buat sahabat semua agar dapat melalui bulan ramadhan kali ini dengan maksimal dan penuh kegembiraan, ke khusyu’an, dan yang jelas lebih banyak menuai pahala.

SETELAH TERBITNYA FAJAR

1.Menjawab adzan untuk shalat fajar(subuh)

” اللهم رب هذه الدعوة التامة والصلاة القائمة آت محمدا الوسيلة والفضيلة وابعثه مقاما محمودا الذي وعدته ” .

“Ya Allah Tuhan Pemilik seruan yang sempurna ini, dan shalat yang akan didirikan, karuniakanlah kepada nabi Muhammad Saw. wasilah dan keutamaan dan tempatkanlah ia di tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan.”

Hadist :

Dari Jabir Bin Abdullah, Rasulullah bersabda “Barangsiapa mendengar panggilan azan lalu ia berdoa ‘Ya Allah Tuhan Pemilik seruan yang sempurna ini, dan shalat yang akan didirikan, karuniakanlah kepada nabi Muhammad Saw. wasilah dan keutamaan dan tempatkanlah ia di tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan’ akan mendapatkan syafaatku kelak pada hari kiamat (HR. Bukhari)

2. Sholat Sunnah Fajar 2 rakaat di rumah

“Aku mengamati Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam selama sebulan, beliau membaca dalam dua rakaat sebelum fajar : Qul ya ayyuhal kaafirun dan Qul huwallaahu Ahad.” (HR. At-Tirmidzi, dia berkata bahwa ini adalah hadist hasan) (27)

Dari Aisyah RA, ?sesungguhnya tidak ada sholat sunnah yang begitu dijaga pelaksanaannya oleh Nabi SAW sebagaimana beliau menjaga untuk tetap melaksanakan dua rakaat sebelum sholat shubuh?. (HR Muslim 724, Bukhori1169)

Dari Aisyah RA, dari Nabi SAW, beliau bersabda: ?Dua rakaat sholat fajr lebih baik dari dunia dan segala isinya? (HR Muslim 725)

3. Sholat subuh berjamaah di masjid dan berangkat agak awal

Hadist:
“Shalat yang dirasakan paling berat bagi orang-orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaannya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak. Sungguh aku berkeinginan untuk menyuruh seseorang sehingga shalat didirikan, kemudian kusuruh seseorang mengimami manusia, lalu aku bersama beberapa orang membawa kayu bakar mendatangi suatu kaum yang tidak menghadiri shalat, lantas aku bakar rumah-rumah mereka.” (HR. Al-Bukhari no. 141 dan Muslim no. 651)

4. Isilah waktu antara adzan dan iqamat ini dengan berdo’a dan membaca dzikir-dzikir pagi hari

‘Doa di antara adzan dan iqamat tidak tertolak’.” Diriwayatkan oleh Abu Dawud, at-Tirmidzi, an-Nasa`i, Ibn as-Sunni dan lain-lain. At-Tirmidzi berkata, “Hadits hasan shahih.”

Penjelasan: Do’a yang dilakukan pada waktu antara adzan dan iqamah itu terkabulkan. Dalam artian, waktu ini adalah salah satu waktu yang mustajabah untuk berdo’a.

5. Sholat Subuh berjamaah

6. Duduk di masjid hingga matahari terbit dengan sempurna. Mengisi dengan dzikir pagi dan berdoa serta membaca al-Qur’an.
Hadist:
Dari Anas bin Malik RA, Rasulullah shalla Allahu alaihi wasalam bersabda,” barangsiapa yang sholat subuh berjamaah lalu duduk sambil berdzikir kepada Allah hingga terbit matahari, kemudian ia sholat dua rakaat maka baginya seperti pahala haji dan umroh. Ia berkata : Rasulullah sallahu alaihi wasalam,bersabda: “dengan sempurna, dengan sempurna , dengan sempurna. HR Tirmidzi “hadist Hasan”

7. Membaca al-Qur’an :

• ½ hizb untuk menghatamkan Qur’an 1 kali selama Ramadhan;
• 1 hizb (1/4 juz) untuk menghatamkan 2 kali selama Ramadhan;
• 1 hizb (1/4 juz) untuk menghatamkan 3 kali selama Ramadhan;
Bisa ditambah sesuai kemampuan

8. Setelah matahari terbit, sholat 2 rakaat. Sholat ini sering disebut sholat Isy’raq yag artinya bersinar. Sebagian ulama mengatakan ini termasuk sholat Dhuha, meskipun kebanyakan ulama melihat ini sholat tersendiri

Dari Anas bin Malik RA, Rasulullah shalla Allahu alaihi wasalam bersabda,” barangsiapa yang sholat subuh berjamaah lalu duduk sambil berdzikir kepada Allah hingga terbit matahari, kemudian ia sholat dua rakaat maka baginya seperti pahala haji dan umroh. Ia berkata : Rasulullah sallahu alaihi wasalam,bersabda: “dengan sempurna, dengan sempurna , dengan sempurna. HR Tirmidzi “hadist Hasan”

9. Pulang dari masjid tidur sejenak bila perlu.

SETELAH SUBUH – DHUHUR

10. Bangun dan melaksanakan sholat Dhuha 2 rakaat

Hadits:
Dari Abu Dzar Radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda

“Bagi masing-masing ruas[1] dari anggota tubuh salah seorang di antara kalian harus dikeluarkan sedekah. Setiap tasbih (Subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahtil (Laa Ilaaha Illallaah) adalah sedekah, menyuruh untuk berbuat baik pun juga sedekah, dan mencegah kemunkaran juga sedekah. Dan semua itu bisa disetarakan ganjarannya dengan dua rakaat shalat Dhuha”. Diriwayatkan oleh Muslim[2]

Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata:

Orang yang aku Cintai, yaitu Rasulullah saw. berpesan kepadaku akan tiga hal: Puasa tiga hari pada tiap bulan, Sholat Duha dua rakaat dan Sholat witir sebelum tidur. (Shahih Muslim No. 1182)

11. Pergi kerja atau belajar/sekolah/kuliah

Hadist:
“Tidak ada yang lebih baik dari makanan yang dimakan seorang lelaki, kecuali makanan yang dihasilkan dari jerih payah tangannya. Nabi Dawud dulu hanya makan makanan yang dihasilkan oleh perkerjaan tangannya.”

12. Sehari-hari selalu mengisi dengan dzikir

Qur’an: “Sesungguhnya dzikir bisa menenteramkan hati” Ra’du:28
Hadist:
Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda “Tidak ada kaum yang berdzikir kepada Allah kecuali mereka di kelilingi oleh malaikat malaikat, di liputi oleh Rahmat, turun kepada mereka ketentraman, dan Allah menyebut mereka sebagai orang orang yang di sisiNya (HR. Mulim)

13. Menjawab Adzan Sholat Dhuhur

14. Sholat qabliyyah dhuhur 4 rakaat atau 2 rakat

Hadith:
Barangsaiapa sholat sunnah 12 rakaat dalam sehari semalam maka Allah membangunkan rumah untuknya di sorga”

15. Sholat Dhuhur berjamaah

16. Sholat sunnah ba’diyyah Dhuhur 2 rakaat

17 Melanjutkan kerja/Istirahat

MENJELANG ASHAR

18. Menjawab Adzan Sholat Ashar

19. Sholat qabliyyah Ashar 2 rakat

20. Sholat Ashar berjamaah

21.Membaca al-Qur’an

• ½ hizb untuk menghatamkan Qur’an 1 kali selama Ramadhan;
• 1 hizb (1/4 juz) untuk menghatamkan 2 kali selama Ramadhan;
• 1 hizb (1/4 juz) untuk menghatamkan 3 kali selama Ramadhan;
• Bisa ditambah sesuai kemampuan

22. Mendengarkan pengajian sore

Hadits:
“Barang siapa pergi ke masjid hanya bertujuan untuk belajar kebaikan atau mengajarkannya, maka baginya pahala haji sempurna”

23. Istirahat bersama keluarga mempersiapkan buka puasa

Ngabuburit kali Ya….

MENJELANG MAGHRIB

24. Menjelang Maghrib:
Hal-hal yang bisa dikerjakan:
• Mempersiapkan buka puasa dan pekerjan rumah lainnya;
• Mudzakarah dan menghafal al-Qur’an
• Mendengarkan ceramah agama melalhi setasiun TV, Radio atau lainnya menjelang buka puasa
• Membantu dan memberkan buka bersama kepada mereka yang berpuasa
• Memperbanyak doa

25. Menjawab adzan Magrib

26. Buka puasa dengan Ruthab (kurma muda basah) atau kurma berjumlah ganjil, atau segelas air dengan niat mengikuti sunnah Rasulullah dan membaca do’a buka puasa
Hadith:
“Beliau kalau berbuka membaca do’a

” ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر إن شاء الله”

Hilanglah dahaga dan basahlah otot-otot dan tetaplah pahala, insya Allah.

27. Sholat Maghrib berjamaah untuk kaum laki-laki

28. Sholat sunnah Ba’diyyah Maghrib

29. Makan buka puasa bersama keluarga

MENJELANG ISYA’

30. Mempersiapkan diri ke masjid untuk sholat Isya’ dan tarawih

• Memakai pakaian bagus dan wangi-wangian
• Peremuan tidak memakai parfum. Hadits: “Janganlah kalian larang perempuan masuk masjid, hendaklah mereka ke masjid dengan tanpa wangi-wangian”
• Menunjukkan syi’ar dan kemeriahan pergi ke masjid untuk mengajak umat berduyun-duyun ke masjid. Hadits:”Barangsiapa bersuci di rumahnya lalu ia pergi ke rumah Allah untuk menjalan sholat fardlu, maka langkahnya satunya mengurangi dosanya dan langkah lainnya menambah pahalanya”

31. Sholat Isya’ berjamaah dilanjutkan dengan sunnah ba’diyah Isya 2 rakaat

Tentang Eid

Blog ini merekam pemikiran, ucapan dan tindakan saya di berbagai aktivitas; sebagai pekerja, pemilik pekerjaan & profesi, pemilik bisnis dan investor serta sebagai saya sendiri.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

2 Balasan ke JADWAL HARIAN DI BULAN RAMADHAN, Nadia Saleh Alatas

  1. Enny Zubaidah berkata:

    Terima kasih atas izin dan masukan amalan harian di bulan ramadhan yang telah kami copy
    Insya Allah akan kami jadikan acuan untuk pengamalan keluarga kami di bulan Ramadhan 1432 H ini. Semoga Allah SWA lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita Amiin.
    Wassalam
    Dana S.

  2. Enny Zubaidah berkata:

    Terima kasih atas izin dan masukan amalan harian di bulan ramadhan yang telah kami copy
    Insya Allah akan kami jadikan acuan untuk pengamalan keluarga kami di bulan Ramadhan 1432 H ini. Semoga Allah SWA lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita Amiin.
    Wassalam
    Enny Zubaidah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s