Selamat Jalan Mas Kamto

Selepas sholat shubuh, kemaren pagi saya cek e-mail dsb. Saya agak berdebar karena ada e-mail dari Sukamto, yang saya tahu pasti yang bersangkutan sedang tergeletak tak berdaya dan sudah dua belas hari tak sadar. Hati saya menduga buruk, sesuatu sudah terjadi terhadap mas Kamto, teman yang sebelum ini mengundang saya dan dua teman lain (Kang Hendi dan Bang Rustam) untuk ketemuan di Cibubur.

E-mail dari mas Kamto tertulis begini : “Pagi ini lepas subuh, suami tercinta papa tersayang Bapak Sukamto menghadap sang Khalik. Mohon maaf semua kesalahan papa, jika ada hutang mohon diberitahukan ke keluarga agar dilapangkan jalannya. Ya Allah,ampuni dosa2 papa, terimalah amalan baiknya lapangkan kuburnya lindungi dari api neraka dan berikan tempat terbaik disisimu daarul jannah ya Allah.  Bapak Sukamto akan disemayamkan di Puri Nirwana 1 Blok B no 15 Cikaret,Cibinong, Bogor. Kemudian dikebumikan di Sleman, Yogyakarta. Wassalam” (catatan : beberapa kata saya edit). Saya duga e-mail ini ditulis oleh salah satu putra/putrinya.

Kemudian saya coba kontak isteri mas Kamto. Saya maklum kalo tidak ada jawaban. Saya lihat jadual saya hari ini. Mau ke DIKTI jam 10-12 (mungkin bisa digeser sedikit), ke Kampus Limau jam 13.30-selesai. Saya selesaikan beberapa pekerjaan, tapi ternyata gak selesai.  Jam 9an saya berangkat menuju Cikaret, tetapi harus macem-macem di jalan. Isi bensin, antri macet. Belom sampe ke Cibinong, ada informasi kalo, jenazah tak jadi disemayamkan di Rumah Duka di Cibinong, tapi dialihkan ke Rumah Duka RS-Darmais. Saya putar arah, balik menuju Jakarta saja. Saya akan selesaikan dulu urusan di DIKTI, baru kemudian ke RS-Darmais. Saya baca, Kang Hendi sempat sampe di rumah duka di Cibinong. Tapi beliau memutuskan untuk tidak meneruskan perjalanan ke RS Darmais. Gak papa Kang, kesehatan Akang lebih penting.

Urusan di DIKTI, alhamdulillan cepet selesai. Kurang dari jam 11 sudah beres. Tapi sebelum beres, ada laporan dari Yuyu, “penjaga” milis Antime yang memberitakan bahwa Abi Kusno dan beberapa rekan melaporkan bahwa jenazah sudah diberangkatkan menuju Sleman, Yogyakarta.

Ya sudah saya putuskan untuk ke Kampus Limau saja. Dalam penjalanan menuju kampus Limau, yang gak berapa jauh dari Jln Jenderal Sudirman, saya ditilpon pak Bagyo dari PPs-Uhamka, bahwa rapat dipindah ke Kampus Gandaria. Sesampai di kampus Gandaria, saya sholat zduhur dulu dan saya sempatkan untuk sholat jenazah.

Allahummaghfir lahu warhamhu wa’aafihii wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wawassi’madkhalahu waghsilhu bil-maa’I watstsalji wal-baradi wanaqqihi minal-khathaayaakamaa yu-naqqats-tsaubul-abyadhu minad-danasi waabdilhu daaran khairan min daarihi wa ahlan khairan min ahlihi wa zaujan khairan min zaujihi wa qihi fitnatal-qabri wa ‘adzaaban-naar….. Ya Allah, ampunilah dia, dan kasihanilah dia, sejahterakan ia dan ampunilah dosa dan kesalahannya, hormatilah kedatangannya, dan luaskanlah tempat tinggalnya, bersihkanlah ia dengan air, salju dan embun. Bersihkanlah ia dari segala dosa sebagaimana kain putih yang bersih dari segala kotoran, dan gantikanlah baginya rumah yang lebih baik dari rumahnya yang dahulu, dan gantikanlah baginya ahli keluarga yang lebih baik daripada ahli keluarganya yang dahulu, dan peliharalah ia dari siksa kubur dan azab api neraka.”

“Ya Allah, ampuni segala dosa dan kesalahan mas Kamto. Terima segala amal baiknya, yang menjadikan penolongnya di alam kubur dan hari akhir nanti..Amin ya Allah, terimalah doa kami”

Mengiringi perjalanan jenazah mas Kamto ke Sleman, semoga semuanya berjalan lancar. Selamat jalan mas..Doa kami mengiringi kepergianmu…

Tentang Eid

Blog ini merekam pemikiran, ucapan dan tindakan saya di berbagai aktivitas; sebagai pekerja, pemilik pekerjaan & profesi, pemilik bisnis dan investor serta sebagai saya sendiri.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s