Quadran Baru : Orang Bodoh versus Orang Cerdas.

RTK (Robert T Kiyosaki) dalam buknya “Cash-flow Quadran” membagi pendapatan orang (cash-flow) berdasarkan curahan waktu. Pendapatan aktif, adalah pendapatan yang besarnya merupakan fungsi waktu. Semakin besar curahan waktu, semakin besar (potensi) pendapatan yang diperoleh.  Pendapatan pasif adalah pendapatan yang besarnya tidak terkait dengan waktu yang dicurahkan, karena pake waktu orang lain (other people time).

Cipto Junaedi dalam bukunya  “Strategi Memiliki Banyak Properti Tanpa Uang Tanpa KPR”, membagi orang dikaitkan dengan pendapatan (pasif dan aktif)  digabung dengan perlindungan terhadap resiko.

Orang cerdas-1 : orang yang punya pendapatan pasif (punya bisnis dan punya investasi dalam suatu sistem) dan juga mengunci resiko.

Orang cerdas-2 : orang yang punya pendapatan aktif (pekerja dan pekerja mandiri, versi RTK) dan juga mengunci resiko, sehingga dia aman, bisa tidur tenang.

Orang bodoh-3 : (maksudnya orang bodoh pada kuadran ke-3) orang yang punya pendapatan pasif, tetapi tidak melindungi dirinya terhadap segala resiko. Orang ini tidak mengunci resiko.

Orangbodoh-4 : orang yang punya pendapatan aktif, tetapi tidak mengunci resiko.

Bahkan, menurut yang menciptakan quadran ini, ternyata dalam hal investasi properti ada orang bodoh-5, yang jelas-jelas gak bisa terlihat dalam quadran baru ini, yaitu yang membayar properti dari hasil bisnis yang modalnya dari utang bank yang diperoleh dengan cara menggoreng rekening.

Termasuk yang mana Anda ?

Tentang Eid

Blog ini merekam pemikiran, ucapan dan tindakan saya di berbagai aktivitas; sebagai pekerja, pemilik pekerjaan & profesi, pemilik bisnis dan investor serta sebagai saya sendiri.
Pos ini dipublikasikan di Bisnis dan Investasi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s