SIAP = Studi Islam Ahad Pagi

Studi Islam Ahad Pagi, yang diselenggarakan oleh PRM Kukusan sudah hampir menyelesaikan putaran kesepuluh, 31 Januari 2010 yang akan datang. Kegiatan ini digagas oleh sejumlah anak muda yang dibimbing oleh Drs. H. Djamaludin Achmad, mantan aktivitis IMM dan IPM di Yogya, ketika masih remaja dan mahasiswa. Mulanya, sejumlah anak muda dibimbing untuk mengikuti kegiatan kajian Islam di RSI-Cempaka Putih, dimana Pak Djamal adalah Direktur Binroh dan SDM. Didukung oleh PRM dan PRA, kegiatan SIAP kemudian dilaksanakan di Mesjid Al-Mujahidin, Jln. KH Ahmad Dahlan Kukusan. Tentu masih didukung oleh RSI-Jakarta.

Menjelang berakhirnya putaran kesepuluh, tiap putaran sekitar 3 bulan setengah atau 14 minggu, jemaah secara konsisten mengikuti kegiatan ini, yang dilaksanakan mulai 06.00 sampai 07.30 WIB.

Jemaah datang dari sekitar Kukusan, Beji, Pondok Cina. Ada juga yang datang dari Sukmajaya dan Pancoran Mas. Bahkan dari Ciganjur-Jagakarsa. Umumnya, mereka adalah warga Muhammadiyah atau yang bersimpati pada gerakan Muhammadiyah. Jumlah jemaah yang hadir setiap Ahad pagi relatif konsisten. Seperti biasa, jemaah Ibu-ibu selalu lebih banyak dibanding jemaah Bapak-bapak.

Nara sumber adalah para da’i dan tokoh Muhammadiyah di tingkat pusat, baik yang ada di jakarta, ataupun tidak jarang langsung datang dari Yogya. Ini semua berkat jaringan silaturahmi yang intens Pak Djamal dengan para tokoh dan nara sumber. Dari UHAMKA (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka) ada dua tokoh penting yang selalu jadi nara sumber yaitu Prof. Dr. Qomari Anwar MA, mantan Rekor Uhamka dua periode berturut-turut dan Dr. Abd. Fatah Wibisono, MA yg masih menjabat sebagai Wakil Rektor-III Uhamka.  Ada juga dari STIE Ahmad Dahlan dan dari UIN Syarif Hidayatulah Jakarta. Tentu, mereka semua atas kapasitas pribadi selaku warga Muhammadiyah.

Secara lengkap, khusus untuk putaran ke-10, jadual narasumber bisa dilihat di panel kiri.

InsyaAllah, putaran ke-XI tetap akan bergulir. Salut untuk penyelenggara….Fastabiqul Khairaat..

Tentang Eid

Blog ini merekam pemikiran, ucapan dan tindakan saya di berbagai aktivitas; sebagai pekerja, pemilik pekerjaan & profesi, pemilik bisnis dan investor serta sebagai saya sendiri.
Pos ini dipublikasikan di Social & Daily Life. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s