Keputusan dan Upaya Mewujudkannya…..

Proses pengambilan keputusan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Dalam manajemen dan kepemimpinan ini sudah merupakan keniscayaan. Seorang pemimpin harus mengambil keputusan dan itu memang tugasnya. Bagi individu, pengambilan keputusan juga merupakan hal yang esensial karena itu akan menentukan langkah berikut yang harus dikerjakan.

Sebagi pribadi, saya berhak menentukan apa yang ingin saya kerjakan. Sebagai PNS, saya perlu merancang aktivitas apa setelah saya pensiun. Makanya ketika usia mendekati 55 tahun, saya berkeputusan untuk pensiun normal. Artinya, saya tidak akan bekerja sampai usia 60 atau 65 tahun (dalam artian bahwa saya hanya akan melakukan pekerjaan jika saya memang menyukainya karena dalam bekerja sering kita “terpaksa” harus melakukan pekerjaan tersebut), walaupun bagi saya ini memungkinkan. Kalaupun tak lagi menjabat secara struktural, jabatan fungsional bisa digunakan untuk memperpanjang masa pengabdian (atau masa penderitaan). Secara struktural saya memilih untuk tidak menjabatnya lagi. Secara fungsional mungkin saya pertimbangkan. Tapi kalau saya masih bertahan di unit kerja yang saya pernah secara struktural ada disana sepertinya tak “wise”. Untuk pindah di unit lain pada lembaga yang sama, rasanya tak kan ada yang pas.

Saya cenderung mutasi ke Lembaga lain. Beberapa jam setelah diberitahu kalau saya akan diganti (saya memang pernah memberi masukan kepada atasan saya, jika ada Rapat Baperjakat, silahkan jangan terlalu berat untuk mengusulkan saya diganti), saya ditilpun Pimpinan Uhamka. Katanya untuk menyampaikan hasil rapat pimpinan. Saya sendiri tidak tahu dalam rangka apa Rapim tersebut. Saya sama sekali tidak ingin masuk ke struktur. Memang, selama sepuluh tahun lebih saya ikut memberikan kontribusi kecil pada Program Pascasarjana karena keterlibatan saya ikut mendirikan Prodi Magister Manajemen. Saya ditunjuk untuk memimpin Prodi MM-Uhamka. Saya sendiri waktu itu menjelaskan bahwa tugas struktural saya baru saja ditetapkan untuk selesai. Tapi ternyata prosesnya memakan waktu yang cukup lama, lebih dari 3 bulan. Tapi tidak berarti secara serta merta saya menerima tugas tersebut, karena saya bukan Dosen Tetap. Saya sebenarnya minyta waktu untuk mempertimbangkannya, tapi Wakil Rektor Bidang Akademis dan Asisten Direktur PPs berhasil “mendesak” saya sehingga sangat sulit untuk tidak menerima tugas ini. Dengan mengucapkan,  BISMILAH, saya tandatangani “fakta-integritas” untuk melaksanakan tugas sebagai Ka Prodi MM-Uhamka, dengan catatan jika ada personil lain yang lebih tepat saya akan dengan senang hati menyarankan kepada pimpinan untuk memilihnya.

Pilihan pindah fungsional semakin kuat. Tapi jalan yang ada kelihatan penuh onak dan duri. Ada pengalaman empiris yang sangat dekat. Teman saya sama-sama masuk BPPT tahun 1979, juga memilih jalur yang sama. Tapi surat LB (lolos butuhnya) gak bisa keluar karena alasan yang sama sekali gak jelas (Dia ahirnya memilih menunggu sampai pensiun dan tak mau lagi mengurus jabatan fungsionalnya agar bisa pensiun). Kelihatannya mutasi ke Kopertis bukan jalan yang mulus walaupun saya belum mencobanya. Saya sudah merintis jalan lain, menempuh jalur mutasi ke Unit Kerja Pemerintah, melalui satu Universitas Negeri di Jakarta. Secara substansial agaknya memungkinkan, tapi secara administratif masih  perlu dijelajahi.

Menjelang berahirnya Ramadhan, saya kemudian berihtiar untuk mewujudkan keputusan yang sudah saya buat. Mutasi dari satu Lembaga Pemerintah ke Lembagai Lain dengan melakukan tugas fungsional. Semoga Allah melapangkan jalan saya.

Tentang Eid

Blog ini merekam pemikiran, ucapan dan tindakan saya di berbagai aktivitas; sebagai pekerja, pemilik pekerjaan & profesi, pemilik bisnis dan investor serta sebagai saya sendiri.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

