Figur Pemimpin : Ciri-Ciri Pemimpin Punya Prinsip

Saat ini bangsa Indonesia sedang terfokus untuk menentukan pemimpinya. Lobi-lobi sudah mulai sejak hasil hitung cepat Pileg diketahui. Saatnya menentukan dan memilih pemimpin. Apa ciri-ciri pemimpin yang berprinsip ? S.A.T.U Consulting meringkaskannya sebagai berikut :

Ciri-ciri pemimpin berprinsip :

 1. Keteladan, pemimpin dapat menjadi teladan sesuai dengan visi & misi organisasi yang dipimpin.

2. Terus Belajar, pemimpin mau belajar dari hidupnya, belajar dari pengalaman, mendengarkan orang lain, dan meningkatkan ketrampilan dan minat baru.

3. Motivator, pemimpin mampu memberikan motivasi pada diri maupun orang lain.

4. Berorientasi pada pelayanan. Ukuran keberhasilannya adalah bagaimana mereka bisa menolong orang lain, melayani orang lain, mau menerima tanggung jawab moral dsb.

5. Memancarkan energi positif.  Secara fisik memiliki air muka yang menyenangkan, optimis, positif, bergairah, antusias, penuh harap, mempercayai. Memancarkan energi yang positif yang dapat mempengaruhi orang-orang sekitarnya. Dengan energi itu selalu tampil sebagai penengah sehingga bila terjadi energi negatif bisa merubahnya menjadi lebih positif.

6. Mempercayai orang lain. Yakin bahwa orang lain memiliki potensi, bila tampak kelemahan-kelemahan orang lain, mereka tidak berespon secara berlebihan. Mereka tidak merasa hebat saat menemukan kelemahan orang lain.

7. Hidup seimbang.  Sadar dan penuh pertimbangan dalam tindakan, membuat diri seimbang, tidak berlebihan, mampu menguasai diri, bijak, jujur pada diri sendiri, mau mengakui kesalahan dan melihat keberhasilan sebagai hal yang sejalan dan berdampingan dengan kegagalan.

8. Mau bersinergi. Penggerak perubahan, setiap situasi yang dimasuki selalu diupayakan menjadi lebih baik. Selalu produktif dalam cara-cara baru dan kreatif. Dalam bekerja selalu menawarkan pemecahan masalah yang bersinergi, pemecahan yang memperbaiki dan memperkaya hasil, bukan sekedar kompromi dimana masing-masing pihak hanya memberi dan menerima sedikit.

9. Berlatih untuk memperbaharui diri. Secara teratur melatih untuk mengembangkan diri, memperbaharui diri menjadi pribadi yang sehat dan kuat secara fisik, mental, emosi dan spiritual.

10. Fasilitator. Mampu memfasilitasi untuk terjadinya perubahan 11. Pengemban Amanah Dapat mengemban amanah dari Allah disertai tanggung jawab yang besar.

12. Berpegang pada keimanan. Ketika  mengendalikan segala urusannya berpegang pada perintah dan larangan yang KUASA.

Semoga manfaat!…

Iklan

Tentang Eid

Blog ini merekam pemikiran, ucapan dan tindakan saya di berbagai aktivitas; sebagai pekerja, pemilik pekerjaan & profesi, pemilik bisnis dan investor serta sebagai saya sendiri.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Figur Pemimpin : Ciri-Ciri Pemimpin Punya Prinsip

  1. SAUT BOANGMANALU berkata:

    TERIMAKASIH ATAS INFORMASI DAN TULISANNYA, CUKUP BERMANFAAT BUAT BACAAN/REFRENSI UNTUK REGENERASI. KUNJUNGI JUGA SEMUA TENTANG PAKPAK DAN UPDATE BERITA-BERITA DARI KABUPATEN PAKPAK BHARAT DI GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s