Sikap Terbaik

Kehidupan ini semata-mata berupaya berbuat kebaikan. Kebaikan di dunia ini diyakini sebagai satu satunya jembatan menuju ke hari akhir yang baik. Bentuk kebaikan itu adalah segala upaya melaksanakan unsur-unsur keimanan yang dimiliki dengan tujuan mewujudkan rahmat bagi sesama manusia dengan seisi alam yakni melaksanakan ibadah khasanah yang ditujukan kepada Allah serta melaksanakan ibadah amanah membuat kemanfaatan untuk sesama. Semua kebaikan tersebut semata-mata dipersembahkan bagi Allah. Sebagai penguasa tertinggi penilai ”rapor” kehidupan.

Kebaikan itu bukan untuk dipamerkan kepada sesama manusia, bila itu terjadi maka berakibat menurunnya nilai rapor kehidupan tersebut dikemudian hari. Kebaikan di dunia ini tidak dapat dihitung jumlahnya telah berkembang di setiap tempat, setiap peristiwa dan disepanjang waktu. Setiap orang hanya mampu melaksanakan sebagian dari kebaikan yang ada sesuai dengan sejarah hidup masing-masing.

Sikap terbaik adalah menganggap orang lain telah banyak berbuat baik, sedangkan diri sendiri baru sedikit dapat berbuat baik. Sikap terhadap anggapan ini akan memungkinkan untuk selalu berbuat baik tanpa menyalahkan atau mencela orang lain. Sikap ini awal dari upaya membangun kebersamaan dalam perbedaan kehidupan yang akan mampu mewujudkan kemanfaatan dalam kondisi ketergantungan dalam proses kehidupan.

Mudah-mudahan tulisan ini dapat menjadi renungan kita bersama.

Sumber: Sepuluh Dasar Perilaku, karya – Much Sahid

Tentang Eid

Blog ini merekam pemikiran, ucapan dan tindakan saya di berbagai aktivitas; sebagai pekerja, pemilik pekerjaan & profesi, pemilik bisnis dan investor serta sebagai saya sendiri.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s