Kenapa Kaca Mobil Tiba Tiba Meledak Remuk Rontok Berantakan ?

p31500832
dari luar-kiri
dari dalam kiri

dari dalam kiri

Kemarin pagi sekitar jam 07an, lagi siap-siap mo berangkat ke PPs Uhamka, saya ditilpon Pak Adis, pengelola Lapak Babe Leha Barokah (barang Bekas Legal, Halal dan Barokah) memberitahu ada peristiwa yang dia anggap aneh. Pagi itu dia dan beberapa penghuni lapak sedang ngopi pagi. Tiba-tiba terdengar ledakan. Mereka sangka kompor gas meledak. Ternyata datangnya dari Mobil Suzuki Pick-Up yang setiap hari dengan setia mengangkut Babe dari satu tempat ke tempat lain. dari satu bengkel ke bengkel lain. dari satu warung ke warung lain. Dari satu lapak ke lapak lain.

Kaca mobil meledak. Mulanya ada tanda di bagian kiri. Kemudian semuanya remuk. Ketika pintu dibuka, ada bagian kaca yang mulai rontohk. Saya nggak tahu apa yang terjadi. Mengapa ? Kalo dibilang panas, panas dari mana. Mesin mobil dalam keadaan mati sejak kemarin sore menjelang malam. Diperiksa jangan-jangan ada benda asing yang membenturnya dengan keras. Nggak ada tanda-tanda mencurigakan (si Gakan belum pernah mencuri..kan..)

Aneh juga..kata Adis..Saya nggak mau menelusri lebih jauh soal kenapa. Yang penting sekarang soal bagaimana selanjutnya. Asuransi tdk meng-cover karena preminya TLO. Artinya kalo mobil hancur total atau hilang, baru diganti. Tinggal harapan ada garansi dari pabrik, dari Suzuki. Telpon ke dealer. Yang nerima orang bengkel. Coba hubungi orang sale. Apa masih ada garansi. Kita minta supaya disurvei aja. Mereka bilang kirim foto aja. Ok deh. Foto sudah dikirim, lewat e-mail. Paling-paling besok baru dapet info. Kita pengen mobil langsung dibawa ke bengkel besok pagi. Kalo mobil langsung dibawa ke bengkel, serpihan kaca harus dirontokin dulu. Bukan cuma bisa berhamburan, tapi gimana bawanya wong nggak bisa ngelihat jalan kok.

Dari penelusuran di Oom Google, ada dua jenis safety glass, yaitu: kaca tempered dan kaca laminated. Kaca tempered adalah kaca yang diperkeras dan seandainya pecah menjadi pecahan-pecahan kecil tidak akan berakibat fatal terhadap penumpang. Sekadar informasi, proses untuk menghasilkan kaca tempered adalah dengan memanaskan kaca hingga suhu tertentu (± 650ºC – 750ºC) dan kemudian didinginkan secara tiba-tiba dengan semprotan udara. Kaca tempered memiliki sifat: pertama, kuat terhadap benturan. Karena telah melalui proses tempering maka kaca lebih kuat dari pada kaca biasa. Kabarnya, kaca tempered ini mampu menahan benturan ±1.500 kg. Kaca tempered juga tahan terhadap perubahan suhu udara, perubahan suhu sampai ± 200º C. Ketiga,  kaca tempered tidak bisa dipotong.

Dalam aplikasinya pada mobil, jenis kaca tempered  dibagi antara lain full tempered yang biasa digunakan pada kaca samping, kaca ventilasi dan belakang. Jenis kedua adalah zone tempered yang biasanya digunakan khusus untuk kaca depan.

Kenapa kok tiba-tiba meledak, remuk dan rontok. Ada yang pernah ngalamin ? Sy memprediksi akan eyel-eyelan dgn pihak Suzuki. Kita minya mereka dateng ke lokasi, gak mau..Kita bawa mobil dlm keadaan kaca sdh diberisihkan dianya pasti gak percaya..Terus gimana dong..Kalo kita semua yang emanggung sih..ngapain pake ngotot segala.. Ya udah…Emang kualitas kaca kacannya jelek kali…

Kayaknya ada lagi masalah yang lain. Indikator di panel selau nyala..Dari baru..Pernah dibetulin, tetap aja balik lagi.etika dikonsultasikan, katanya emang ada masalah..Katanya go diganti, barang sudah diorder..Kita tunggu aja..Kalo ntar pelayanannya jelek ya kita bilang aja jelek..Kalo bagus kita bilang juga bagus..Mo pilih yang mana ?

Iklan

Tentang Eid

Blog ini merekam pemikiran, ucapan dan tindakan saya di berbagai aktivitas; sebagai pekerja, pemilik pekerjaan & profesi, pemilik bisnis dan investor serta sebagai saya sendiri.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

12 Balasan ke Kenapa Kaca Mobil Tiba Tiba Meledak Remuk Rontok Berantakan ?

  1. Abu Hamid_ Palembang berkata:

    thanks ya infonya, jadi malu baru tau apa itu tempered, he…he….

  2. Ardi berkata:

    kejadian ini sama menimpa saya, hanya saja beda dengan lokasi dan peruntukkannya, yaitu pada kaca ruangan kantor.

  3. Iqbal berkata:

    pernah kejadian tersebut saya alami..pada saat pasang kaca film sparta yang murah utk kaca depan (100 rb an). pada saat hampir 100% selesai pamasangan tiba2 kaca meletup dan retak seluruhnya. belum tau pasti penyebabnya (proses sudah seperti biasanya)

  4. andrew berkata:

    sama saya jg pernah alami sampai binggung,..wastafel kaca sy pecah
    padahal baru beli dan belum di pasang.

  5. ngurah kusuma berkata:

    Terimakasih atas penjelasannya, Tapi saya ingin menanyakan kembali apakah ada pengaruh parpum ruangan ( Disemprotkan otomatis) saya taruh dimobil, kaca tertutup rapat posisi mobil dalam garase siang hari dan tiba tiba kaca pecah pada bagian samping ?

  6. eliani berkata:

    jadi apa sebenarnya yang menyebabkan kaca pecah secara tiba – tiba?? seperti pintu kaca yang akan dipasang secara tiba – tiba tanpa ada benturan, pecah sendiri. itu bagaimana ??

  7. sae berkata:

    kejadian ini menimpa persis menimpa saya, tidak ada sebab pecah dan kondisi parkir di garasi dan tidak beratap kanopi, mohon penjelasan kalau ada yang bisa menjelaskan kenapa?

  8. Andy berkata:

    Sy mengalami kaca atos pecah retak kaya bekas tembakan senjata api

  9. Hasan Hrp berkata:

    biasanya lifetime kacanya sudah habis, jadi pecah sendiri. saya juga sudah pernah mengalami pada kaca pintu mobil sebelah kanan (supir).

  10. Hank Sastro berkata:

    yuhuu , minggu kemarin saya jg ngalamin pada kaca depan mobil sedan Toyota, pecah sendiri merata seperti pola rata simetris.Kondisi mobil mesin lg off, dalam garasi beratap, aman dr perubahan cuaca. pintu dan semua kaca rapat. Aneh bgt yaa, selain dugaan lifetime yg habis, apa ada penjelasan teori lain ??

  11. Risma berkata:

    Kami baru saja mengalaminya..tiba2 yg jaga anak2 menelpon “Ibu kaca meja makan meledak” ya ampun sy kaget gak percaya..trus suruh ponakan langsung ksna rupanya memang benar ..kaca tersebut berderai padahal ketebalannya sktr 8 inc..smpai skrng sy masih bingung makanya cari penyebabnya apa…ada yg bisa bantu jawab gak ya…tks

    • tusovka berkata:

      8 inchi?
      Ga salah Bu? 8 in x 2,5 cm= 20cm
      Belum pernah liat kaca tebel 20cm.
      Biasanya ada benda panas diatasnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s