Marva Mandi Air Panas

(Catatan : Ini mustinya di-upload, tanggal 30 Desember. tapi karena Speedy-nya lagi susah nyambung, baru sekarang di-upload)

Buat anak-anak, mandi air panas sudah biasa. Tapi buat Marva, kali ini agak lain. Karena semuanya lagi libur, kali ini direncanakan untuk jalan-jalan ke Ciater, ke tempat pemandian air panas, yang kalo merecal memory yang ada (sudah lupa tahun berapa ke sana, tapi yang pasti beberapa tahun sebelum 1993, mungkin tahun 1991) gambarannya ada pancuran air panas, kemudian mengalir melalui solokan-solokan, ada kepulan asap kecil yang menandai adanya panas. Kita pada berendem di air. Waktu itu juga sudah ada kamar rendam, tapi masih sangat sederhana.

Malamnya, direncanakanlah untuk pergi. Tapi terang-terus (eh terus terang) detil lokasinya masih belum jelas. Gimana rutenya dan dimana persisnya lokasinya. Pagi-pagi, habis subuh, terpaksa surfing dulu. Tanya sama oom google, gimana cara menuju lokasi air panas di Ciater. Menjelang jam 07-an baru terpikir untuk lihat peta punya google-earth. Sayang harus down-load dulu, gampang sih. Tapi jam sudah hampir setengah delapan. Padahal kita sudah rencanakan untuk berangkat jam 08-an dengan perkiraan perjalanan sekitar 3 jam.

Rencana perjalanan (berdasarkan informasi yang diberikan melalui oom google) adalah rumah-Lenteng Agung- Tol Tanjung Barat lewat Cikunir-terus masuk Bekasi Barat-menuju Dauwan-keluar di pintu Sadang. Dari situ belok kanan menuju Purwakarta-ikuti jalan utama-masuk dalam kota, kemudian belok kiri menuju Wana Yasa-sampe TelagaHerang, sampe Jalan Cagak belok kanan ke arah Ciater, kira-kira masih 7 km lagi. Persis rute tsb diikuti dan ternyata perjalanan cukup nyaman; Jalan gak terlalu rame walaupun agak sempit dan meliuk-liuk, mendaki perbukitan. Jam 11.30an sudah masuk Jalan Cagak.

pc290749

Yang jadi masalah, lokasi yang dituju itu yang mana ? Pemandian air panas mungkin ada beberapa lokasi. Setelah di sekitar lokasi, di kanan jalan ada pemandian dan penginapanan yang terbuka untuk umum. Kelihatannya bagus (ternyata, vila-vila yang disewakan dengan fasilitas kolam renang).  Setelah itu di kiri jalan ada Hot Spring SPA, masuk beberapa puluh meter. Lokasinya cukup bagus. Biaya masuk untuk terusan, berenang dan berendam cuma Rp. 30 ribu dengan bonus Kartu Perdana Three-3, Mau ? Rasanya bukan yang ini, coba keluar dulu aja.

Beberapa meter dari situ ada lokasi Sari Ater. Keluar masuk mobil agak banyak, persis waktu kami lewat ada bus yang mau keluar. Sambil nggak yakin, terus aja dulu. Gak taunya gak ada lagi lokasi pemandian, tinggal jalan menanjak menuju Lembang. Sempat enyel-enyelan dikit, kayaknya Sari Ater itu tempat yang dimaksud. Tapi masih terus aja. Santai aja lah.

Setelah sempet tanya, ternyata memang Sari Ater itu tempat yang dimaksud. jam sudah menunjukkan pukul 12an. Ternyata antrian sudah panjang. Bayar tiket masuk, Rp. 15 rb per orang ditambah tiket untuk mobil Rp. 14 rb (di loket tertulis Rp 13 rb), terus cari parkir yang sudah penuh sekali. Putar agak ke kiri, diarahkan ke Pintu Timur, yang ternyata masih cukup luas areal parkirnya.

Memasuki areal, ternyata cukup banyak juga fasilitas rekreasinya. Jauh berbeda dengan lima belas tahun yang lalu (Ya iyaalaah, 15 tahun kan lama). Sayangnya, lokasi yang enak untuk menggelar tikar sudah dikapling-kapling. Gak bisa lagi nggelar tikar. Tanya-tanya, sewanya Rp. 40 rb (katanya boleh kurang, padahal tertulis di daftar harga sewa tikar cuma Rp. 5 rb). Gak jadi ah, lagian gerimis. Langsung aja ke kolam renang yang ada kamar rendamnya. Ternyata juga gak begitu jelas informasinya. Kamar rendam Rp. 36 rb untuk berendam selama 30 menit. Kolam renang Rp. 35 rb, sepuasnya. Lokasinya sama, yang masuk Kamar Rendam boleh juga pindah ke Kolam Renang, gak perlu bayar lagi. Kalo gitu semuanya aja beli tiket Kamar Rendam, cuma beda seribu perak.

Saya masuk ke Kamar Rendam, yang bangunannya dibedakan antara Laki-laki dan Wanita. Di kamar ada bak dengan dua kran. Kran air panas dan kran air dingin. Di pintu ditempel Panduan Penggunaan Kamar Rendam tersebut. Cukup jelas saya kira. Yang dilarang masuk berendam adalah mereka yang punya penyakit jantung, darah tinggi dan wanita hamil. Baru kira-kita berendam 15 menit ada yang ketok-ketok. Ditanya, siapa gak nyaut. Ternyata ada anak kecil yang cari orang tuanya yang juga lagi berendam.

Habis berendam di kamar, saya gabung ke rombongan. Mereka juga sedang berendam di kolam renang (bukan berenang). Marva, setelah menikmati makan siang, ganti pake baju renang dan main di pinggir kolam renang. Di ajak pindah ke tempat anak-anak, dianya malah gak suka. Terlalu rame dan airnya kurang panas karena nggak ngalir. Pindah lagi gabung dengan Mama & Papanya. Kelihatan asyik banget dia maen air. Sampe tiba waktunya untuk naik, jam sudah menunjukkan hampir jam 15an, Marva masih belum mau naik. Gerimis nggak berenti-brenti. Setengah dipaksa, Marva teriak-teriak. Enggak..enggak.. Baju renang yang sudah dibuka mau dipake lagi. Haalaaah.

pc290759

Setelah sholah ashar di Mesjid Al-Amal, kami kemudia keluar areal pemandian. Jalannya lumayan juga, karena kolam renang ada di pintu barat, mobil diparkir di pintu timur. Jam 16an lebih kami meninggalkan lokasi, menelusuri Jalan Cagak. Kali ini lewat Subang, Kalijati, Sadang yang jalannya lumayan macet. Setengah tujuh malam belum juga sampe di perempatan Sadang. Karena mampir dulu untuk makan malam, jam setengah sepuluh malam, Alhamdulillan kami tiba kembali di rumah.

Iklan

Tentang Eid

Blog ini merekam pemikiran, ucapan dan tindakan saya di berbagai aktivitas; sebagai pekerja, pemilik pekerjaan & profesi, pemilik bisnis dan investor serta sebagai saya sendiri.
Pos ini dipublikasikan di Family & Friends. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s