Muhasabah 1430 H

Mulai kemaren, ketika matahari tenggelam di ufuk barat, kita semua memastikan bahwa kita masuk ke tahun 1430 H; 1 Muharam 1430 H.

 

Memasuki tahun baru Hijriyah, apa yang mestinya kita lakukan ? Idealnya, kita melakukan muhasabah (asal kata hisab); evaluasi dan perencanaan. Evaluasi terhadap apa-apa yang kita rencanakan selama 1429 H dan perencanaan = penyusunan rencana untuk tahun 1430 H.

 

Saya sendiri rasanya tidak punya rencana khusus selama tahun 1429 H, jadi rada susah untuk melakukan evaluasinya. (Bisa selamat juga dari yang ini). Rencana, bisa dilihat dari berbagai tingkatan; mulai dari rencana jangka panjang (long-term planning) biasanya mencakup kurun waktu 20 sampe 25 tahun, rencana strategis (strategic planning) biasanya untuk periode lima tahunan, penyusunan rencana tindak (action planning) untuk menjabarkan rencana strategis dan penyusunan rencana tahunan (annual planning) yang diturunkan dari rencana tindak dan biasanya sudah mencakup juga besaran rupiah dari setiap kegiatan yang direncanakan.

 

Untuk individu, rasanya penyusunan rencana seperti ini gak mudah. Sehingga, sampai saat ini, (saya) belum pernah (melihat/membaca) rencana-rencana tersebut (ribet juga ini kalimat..)

 

Banyak orang, setiap menjelang awal tahun,  men-declare apa rencana mereka dengan cara menetapkan target (sasaran) yang akan (lebih sering ingin) dicapai pada tahun mendatang (Ingat, sasaran, bagian penting dari suatu rencana). Bagi individual, ini mungkin lebih realistik katimbang membuat rencana jangka panjang dan rencana strategis. Setidaknya, ada rencana jauh lebih baik dibanding enggak. Tentu, sebagai manusia, rencana kita juga sangat tergantung pada ridho (rencana) yang kuasa. Juga ridho orang tua kita. (Waalah jadi ceramah gini..)

 

Intinya, saya cuma ingin menyambut  tahun baru Hijriah. “SELAMAT TAHUN BARU 1430 H”, semoga menjadikan kita hijrah dan menjadi lebih baik di tahun-tahun mendatang.

Tentang Eid

Blog ini merekam pemikiran, ucapan dan tindakan saya di berbagai aktivitas; sebagai pekerja, pemilik pekerjaan & profesi, pemilik bisnis dan investor serta sebagai saya sendiri.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s