Lapak Babe Leha

pc200661

Mulai 1 Desember 2008, Lapak Babe (Barang Bekas) ini resmi saya miliki, setelah proses pengalihannya diselesaikan. Memang masih harus bayar sewa lahan untuk 5 tahun (jatuh tempo Juli 2009) dan beberapa renovasi. Tapi, nantilah sambil jalan.  Saya kasih nama Lapak Babe Leha (Barang Bekas Legal & Halal), usaha ini adalah usaha Beli-Jual (bukan mulung; bukan nadah barang tidak legal apalagi tidak halal) Barang Bekas dan Rongsokan.

Basis ilmunya adalah ilmu material (material science) dan teknologinya adalah teknologi sortasi (pemilahan dan pemisahan menjadi barang-barang sejenis). Sejauh ini ada 5 klasifikasi, yaitu (1) besi & kaleng, (2) logam, (3) botol dan beling, (4) kertas -kardus, koran, putihan, dan (5) plastik.

Prinsipnya, kami membeli material dari suatu perabot yang tidak lagi memenuhi fungsinya. makanya jangan kaget, kalo mesin cuci yang anda beli 2 jt rupiah, ketika jadi barang rongsokan kami cuma berani bayar 50 rb karena kami menilainya dari material apa yang ada, yang bisa dipisahkan dan laku dijual.

Sayang, kondisi keuangan global sedang ganjang-ganjing yang berpengaruh terhadap harga-harga material. Rata-rata harga saat ini kurang dari setengah harga-harga sebelum krisis. Banyak lapak, bahkan yang cukup besar,  yang terpaksa gulung tikar karena menderita kerugian yang cukup besar. Mereka umumnya punya stok barang dengan harga beli yang masih tinggi, sementara kemudian harga jualnya ambruk. Tapi kalo kita mulai dari harga ambruk, rasanya masih bisa bergerak dan mengais keuntungan yang memadai. Kepastian dan stabilitas harga masih sangat menentukan di usaha ini.

Sayang, laporan keuangan untuk satu putaran (periode per 3 mingguan) belum saya terima malam ini. Jadi saya belum bisa memprediksi besarnya return yang mungkin bisa diterima.

Saya yakin usaha ini bisa jalan karena pengelola usaha bersikap sangat tekun dan optimis serta bertekad untuk tetap bertahan di usaha ini. Ini jadi modal yang sangat penting. Semoga, bisa ikut menebar rahmat.

Tentang Eid

Blog ini merekam pemikiran, ucapan dan tindakan saya di berbagai aktivitas; sebagai pekerja, pemilik pekerjaan & profesi, pemilik bisnis dan investor serta sebagai saya sendiri.
Pos ini dipublikasikan di Bisnis dan Investasi. Tandai permalink.

14 Balasan ke Lapak Babe Leha

  1. wied berkata:

    Dear bos..

    Saya tertarik dengan jenis usaha anda….kiat kiat apakah untuk memulai bisnis ini

    Terima kasih

  2. muchdie berkata:

    Wied, terus terang saya gak punya kiat. Coba tanya sama om Bob. Dia juga bilang gak punya kita. Bahkan, dia bilang, dia nggak ngarti apa yang namanya kita.

    Untuk mulai bisnis, ya mulai aja.

  3. marshella berkata:

    Salam bahagia,
    Selamt pak, usaha lapaknya berhasil
    Saat ini Ayah saya sdg menjalankan usaha jual beli botol beling bekas n kardus.
    Hampir 1 truk, ada sekitar 200karung yg sdh terpisah sesuai kategori
    Nah saya sbg anak ingin mendukung usaha ayah,
    Mungkin bapak mau memberikan info ttg kemana ato ke pabrik mana saya harus menjualnya,a,
    Atas kebaikan hati Bpk, sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
    Salam,

    Marshella

    • muchdie berkata:

      Salam kembali. Tks sudah mampir di Blog saya, yang lama gak di-update. Mungkin saya perlu juga tau dimana lokasi ayah Anda. Siapa tau kita bisa bekerjasama.
      Untuk botol beling, saya pernah ada yg menghubungi dari pabrik piring dan gelas. Waktu itu dia menawarkan 90 ton per minggu utk bisa disupply, tapi harganya mepet. Waktu kita sdh dpt sekitar 2 ton, dan kita hubungi gak bisa nyambung. Ya sdh, transaksi tdk berlanjut. Akhirnya kita tdk fokus ke botol beling. Ya mana aja yang laku, gitu. Kalau kardus sementara ini kami jual ke Agen, belum ke pabrik.
      Kami skrg sdg konsentrasi pada BESI, KALENG dan KABIN karena bisa kirim langsung ke PABRIK. Kalo lokasi ayah ANda di sekitar Depok, saya akan dgn senanghati bekerjasama.

      Salam sukses

    • HERI berkata:

      saya minta alamatnya mbak. plus daftar penawaran harganya harganya

    • gaotama berkata:

      itu botol nya masi utuh apa sudah pecah belah/beling?klo beling saya bs nerima
      beling warna coklat dan putih.

      daerah tangerang
      contact 93083906

  4. Sigid berkata:

    Saya sedang membutuhkan lapak-lapak yang mau kumpulin kantong semen bekas, saya berani beli dengan harga tinggi.

  5. gerry berkata:

    saya jual beli botol beling bekas.
    hub 0817100222

  6. jajo. supar berkata:

    trima jasa cuci botol dan siap bantu bikin kan mesin pencuci botol luar dalam yang efisien tak membembutuhkan dana besar tapi sangat istimewa hasilnya, cepat, mudah pengoperasian nya. hasil karya asli anak bangsa. hub. 081225462345

  7. sofyan berkata:

    saya jual beli botol dan beling,selama ini saya jual beling ke suplier tapi saya ada sedikit kesulitan dengan penjualan botol sekiranya ada yang dapat membantu saya.jika ada penawaran/ada yang bisa membantu bisa hubungi saya di:081287300394/021-71030648.terima kasih

  8. ucy berkata:

    suksess pak,

  9. aji berkata:

    saya mau tau alamat bapak sapa tau kita bisa bekerja sama,dan ngobrol seputar bisnis ini

  10. muchdie berkata:

    Silahkan, kami berada di Kel. Kukuran Rt 4/RW 7, di pinggir pipa gas pertamina, di samping Lapangan Putsal Brumbun.

    Saya sendiri sudah tdk menanganinya secara langsung. Tapi kalo ada waktu, saya mau juga ngobrol-ngobrol.

  11. aji berkata:

    pak saya jg menjalan kan bisnis seperti bpk,tp saya bingung mau ngejual kemana?kl bpk mau membeli dgn harga yg sesuai,sapa tau kita bs krja sama ,saya minta harga penawaran bpk dnk!kl blh skalian no hp na byar bs komunikasi langsung

Tinggalkan Balasan

