Multiple Source of Income (2)

Sumber pendapatan yang ketiga adalah dari Bisnis. Kita sebagai pemilik bisnis yang mengembangkan, mengoperasikan dan mengendalikan sistem bisnis tersebut.  Pada bisnis kita bisa pake OPT (other people time), waktu orang lain, juga OPM (other people money), duit orang lain. Intinya kita membangun (memakai) suatu sistem bisnis yang dapat kita  kendalikan. Kata kuncinya, suatu sistem bisnis yang baik adalah suatu sistem bisnis yang menguntungkan dan tetap jalan tanpa kehadiran pemiliknya. Kata RTK, bentuknya bisa bisnis yang kita kembangkan sendiri, pake model orang lain (franchise) atau internet bisnis. Masing-masing tentu punya keunggulan dan kekurangan (kita kalee yang punya kekurangan..)

Sumber keempat adalah investasi.  Kita menaruh sejumlah uang tertentu untuk mengharapkan hasilnya dikemudian hari.  Dalam investasi kita pahami bahwa kita mengeluarkan uang saat ini yang jumlahnya tertentu untuk mengharapkan hasilnya di masa yang akan datang yang sering kali tidak pasti.  Kata RTK ada tiga wahana investasi, yaitu bisnis, property dan paper asset.  Bisnis paling rumit, property lebih sederhana, dan yang paling ringan paper asset.  RTK pernah mengibaratkan kalo paper asset ibarat orang pacaran bisa gonta-ganti, bisa keluar masuk; property ibarat orang sudah menikah; bisnis ibarat orang menikah sudah punya anak.

Kedua sumber penghasilan ini dikenal sebagai penghasilan pasif. Kita gak perlu selalu nongkrongin setiap saat.  Kata RTK ini akan jadi fast-track; jalur cepat menuju kebebasan finansial.

Sekarang, gimana dengan Anda ? Dari mana saja sumber penghasilan Anda ?

Iklan

Tentang Eid

Blog ini merekam pemikiran, ucapan dan tindakan saya di berbagai aktivitas; sebagai pekerja, pemilik pekerjaan & profesi, pemilik bisnis dan investor serta sebagai saya sendiri.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s