Investasi Otak

Kemaren saya sempet mampir di Gramedia (Gurame siapa yang banyak bukunya ?…) karena bosan nunggu mobil yang lagi diservis. Ada dua buku yang jadi sasaran; satu Bukunya RTK (Robert T Kiyosaki) yang resensi dalam Bahasa Ingrisnya sudah pernah saya baca di salah satu blog, yaitu : Increase Your Financial IQ. Dalam B. Indonesianya, diartikan sebagai : Kelola Uang Anda dengan Cerdas. Satunya lagi, Bukunya AK (Adam Khoo) : The Secrets of Self-Made Millionare, yang versi B. Inggrisnya muncul tahun 2006, sedangkan versi B. Indonesia mucnul tahun 2008.

Sering saya nggak selesai kalo baca buku. Paling kalo bisa paham apa isinya, sementara dianggap selesai. Buku RTK membahas tentang kecerdasan finansial, tapi dianya pake istilah Financial IQ, yang dimulai dengan satu pertanyaan yang menggelitik : Apakah uang membuat Anda kaya ? Selanjutnya RTK membahas tentang kecerdasan finansial yang intinya ada 5 hal, yaitu : kecerdasan dalam (1) menghasilkan uang lebih banyak, (2) melindungi uang, (3) menganggarkan uang, (4) mengenakan leverage atas uang, dan (5) meningkatkan informasi keuangan.

Bukunya AK, juga berkaitan dengan bagaiamana memperoleh pendapatan yang luar biasa dan membangun kekayaan bersih milyaran, dimulai dari nol. Menurut AK ada Tujuh Langkah Menuju Keberlimpahan Finansial, yaitu : (1) punya pola pikir orang kaya, (2) punya tujuan finansial yang jelas, (3) punya rencana finansial, (4) meningkatkan pendapatan secara drastis, (5) mengelola uang dan mengurangi biaya, (6) mengembangkan uang dengan cara uang bekerja untuk anda, dan (7) lindungi kekayaan anda.

Saya berhapa punya waktu untuk membaca kedua buku itu…

Iklan

Tentang Eid

Blog ini merekam pemikiran, ucapan dan tindakan saya di berbagai aktivitas; sebagai pekerja, pemilik pekerjaan & profesi, pemilik bisnis dan investor serta sebagai saya sendiri.
Pos ini dipublikasikan di Bisnis dan Investasi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s