Social Cost of Democracy

Beberapa hari yang lalu saya sempat baca berita di Monde (Monitor Depok) satu artikel tentang biaya jadi caleg. Ini perkiraan yang dibuat oleh Monde yang dihimpun dari berbagai sumber (ada sejumlah pihak yang berkomentar, ada yang membenarnya ada yang agak sedikit menyanggah). Untuk jadi caleg di tingkat Kota biayanya, bisa kurang bisa lebih, sekitar 200 juta Rupiah (uang segini bisa buat 4 depot air isi ulang, untuk jangka waktu 5 tahun. Belon kalo dibuat beli kerupuk..) Untuk caleg tingkat Provinsi bisa keluar duit sampe 400 jeti. Konon untuk jadi caleng DPR-RI diperlukan dana antara 2 sampe 3 M (milyar rupiah maksudnya. Bukan 3-M, yang tiga serangkai: Maridi, Maryadi dan Muchdie).

Kalo emang caleg ini kemudian jadi aleg, apakah dana-dana tersebut bisa balik (break-even) setelah 5 tahun “mengabdi” ? (Mengabdi kok mikirin balik modal…) Bisa kalee yeee. Buktinya banyak sekali yang berminat untuk jadi caleg. Padahal, untuk Depok seperti pernah juga ditulis Monde, calengnya ada 880 orang.. Sedangkan kursi yang tersedia cuma 50. Berarti ada 800 orang lebih yang gak jadi. Artinya, duitnya gak akan balik dong. Besarnya ? Hitung aja, 830 x Rp. 200 juta. Berapa ??? Untuk caleg DPRRI konon yang mendaftar hampir 13 ribu orang, sedangkan kursi yang tersedia cuma 550 (Yang laen gelar tiker aja.. lesehan…), Udah deh misalnya yang nggak jadi 12 ribu orang, berapa social costnya ? 12 ribu dikali 2 milyar aja, kalkulator saya nggak muat digitnya…

Emang sih.. democracy needs cost, but if it too costly who wish to pay…those stupido..(kayak bahasanya Tukul yaaa…)

Tentang Eid

Blog ini merekam pemikiran, ucapan dan tindakan saya di berbagai aktivitas; sebagai pekerja, pemilik pekerjaan & profesi, pemilik bisnis dan investor serta sebagai saya sendiri.
Pos ini dipublikasikan di Politics & Government. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Social Cost of Democracy

  1. Ping balik: Rumah Sakit Jiwa Menanti Caleg « Lintasan Kehidupan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s