Ramadhan Terakhir

Hari ini, Rabu 30 September 2008, ditetapkan sebagai hari terakhir Ramadhan 1429 H. PP Muhammadiyah sejak jauh hari telah menetapkan 1 Syawal jatuh pada Rabu, 1 Oktober 2008. Sementara pemerintah baru menetapkannya kemaren malam setelah upaya hilal dilakukan untuk melengkapi metode Hisab dengan Ru’yah.

 

Sementara itu dilaporkan sejumlah jemaah ada yang sejak kemaren melakukan Shalat Idul Fitri karena mereka yakin bahwa 1 Syawal sudah tiba. Anehnya, mereka tidak menggunakan peredaran bulan atau matahari dalam menentukan awal bulan. Mereka menggunakan pasang-surut air laut sebagai cara menentukan awal bulan. Belum pernah ada pembahasan soal metode ini. Barangkali sudah saatnya Departemen Agama membahas hal ini.

 

Juga diberitakan ada sejumlah jemaah yang melakukan Shalat Idul Fitri hari ini. Hizbut Tahrir Indonesia, misalnya,  seperti ditayangkan media elektronik sore ini juga merayakan Idul Fitri hari ini. Semua itu, karena mereka (lebih tepat pemimpin mereka) berkeyakinan bahwa Ramadhan sudah berakhir.

 

Bagaimanapun, segala sesuatu mengikuti siklus hidupnya (life-cycle), ada datang; ada pergi. Ramadhan, bulan yang selalu dinanti-nantikan umat muslim di dunia, juga begitu. Dia datang, kemudian dinikmati dan lalu pergi. Sepuluh hari pertama, rahmah; Sepuluh hari kedua, magfiroh; Sepuluh hari terakhir, itkum minan naar.

 

Yang lebih penting adalah seberapa nikmat bulan ramadhan bagi Anda ? Yang lebih penting lagi, semoga Ramadhan tahun ini bukan yang terakhir bagi kita. Amin.

 

SELAMAT BERLEBARAN; HAPPY HOLYDAY; SELAMAT IDUL FITRI

Iklan

Tentang Eid

Blog ini merekam pemikiran, ucapan dan tindakan saya di berbagai aktivitas; sebagai pekerja, pemilik pekerjaan & profesi, pemilik bisnis dan investor serta sebagai saya sendiri.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s