Selimut Cekak*)

 Sebagai PNS dan Pensiunan PNS, apakah anda sudah dengar berita yang ”menggembirakan’?. Departemen Keuangan sebagai Kuasa Pengguna Anggaran akan membayarkan Gaji Bulan Oktober untuk PNS dan Pensiunan PNS pada tanggal 25 September 2008, Kamis minggu depan. Alasannya karena ada cuti bersama, sehingga  kantor-kantor pemerintah baru akan buka pada tanggal 6 Oktober 2008. Akibatnya gaji bulan Oktober baru bisa dibayarkan setelah masuk kantor. Padahal Lebaran jatuh pada tanggal 1 Oktober 2008. Jadi supaya bisa juga dipake buat Lebaran, gaji Oktober dibayarkan pada tanggal 25 September. Mudah-mudahan betul-betul bisa diterima seminggu sebelum Lebaran. Soalnya, mulai Jumat sore, rombongan mudik sudah mulai bergerak.

 

Pengeluaran Lebaran bisa dibilang termasuk pengeluaran ekstra, yang sumbernya, bagi PNS dan Pensiunan PNS, emang gak ada. Maksud saya alokasi anggaran di DIPA emang gak ada. THR sudah lama gak ada, diganti Tunjangan Pendidikan yang dibayar dibulan Juli. Artinya, tiap PNS dan Pensiunan PNS harus menyiasati ”sendiri” sumber pendapatan untuk Lebaran. Lebih-lebih yang memang ”harus” mudik.

 

Kalo sumbernya dari gaji bulanan, mo golongan berape kek gak bakalan cukup. Golongan 1V aja pasti (merasa) kurang, apelagi golongan I. Gaji cekak. Gak cukup buat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apalagi yang tinggal di Jakarta. Buat ongkos aja udah berapa ? Untung kita semua punya rasa bersyukur. Dapet berapa aje kite syukuri (gak pake n).

 

Ibaratnya kita pake selimut cekak, selimut yang gak cukup menutup tubuh kita. Terus kamarnya banyak nyamuk, gak punya uang buat beli obat nyamuk. Kepala ditutup, kaki disedot nyamuk. Kaki ditutup, pipi bentol-bentol. Sekarang gaji Oktober ditarik ke akhir September. Tahan gak tahan bakalan abis juga tuh duit. Emang sih bisa menikmati Lebaran dengan sedikit lebih leluasa, tapi abis lebaran makan apa ? Ngutang lagi. Persis dilema selimut cekak. Gaji diterima akhir September, akhir Oktober gak punya duit. Gaji dibayar tanggal 6 Oktober, Lebaran gak punya duit. Itulah dilema selimut cekak. Dilema gaji kecil. Dilema kuadran-1. Sedih. Untungnya  kita selalu bersyukur.

 

 

*) Cekak = tanggung, kekecilan, gak cukup

Iklan

Tentang Eid

Blog ini merekam pemikiran, ucapan dan tindakan saya di berbagai aktivitas; sebagai pekerja, pemilik pekerjaan & profesi, pemilik bisnis dan investor serta sebagai saya sendiri.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s