Persiapan UMD (Universitas Muhammadiyah Depok)

Satu dari sejumlah amanat Musyawarah Daerah Muhammadiyah Kota Depok 2005-2010 adalah agar PDM (Pimpinan Daerah Muhammadiyah) Kota Depok menyiapkan berdirinya UMD (Universitas Muhammadiyah Depok). Dalam Rapat Kerja PDM, kemudian,  PDM menugaskan Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan (karena Majelis Pendidikan Tinggi dalam periode 2005-2010 ini belum dibentuk, sementara itu tugas-tugas dari Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah sudah cukup banyak dan berat) untuk menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan bagi pendirian sebuah Perguruan Tinggi. Kemudian, Majelis Ekonomi membentuk Panitia yang tugasnya menyiapkan bahan-bahan untuk berdirinya suatu PT, diketuai oleh Dr. Ir. Sudarto dari PCM Pancoran Mas.

 

Setahun yang lalu ketika banyak usulan PT Muh yang masih terbengkelai di Depdiknas, upaya persiapan agar sedikit mengendor. Alhamdulillan, semangat muncul lagi ketika Dirjen Diktinya sudah ganti. Kemudian,

dalam beberapa pertemuan, misalnya dengan Pimpinan UHAMKA (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka) Jakarta, sempat juga dimunculkan gagasan untuk memulai kegiatan akademis dengan berafiliasi ke UHAMKA. Sementara itu, Panitia mulai melakukan pertemuan-pertemuan dalam rangka mempersiapkan bahan-bahan.

 

Dalam pertemuan hari Jum’at 29/08/2008 di rumah H. Idrus Yahya di Pondok Cina, saya diminta (dan alhamdulillah berkesempatan) hadir. Dalam pertemuan itu dilaporkan bahwa dari 8 tahapan, bahan-bahan untuk 6 tahapan dalam pendirian Perguruan Tinggi sudah ada dan terus di-up-date. (Dua tahapan terakhir, yaitu Sarana dan Prasarana serta Penyelenggara disarankan untuk dibawa ke Pleno PDM bersamaan dengan pemaparan langkah-langkah 1 sampe 6.). Disepakati bahan-bahan tersebut dikompilasi dan kemudian akan dibahas secara intensif, setelah iedul fitri. Secara sepintas hal ini saya laporkan kepada Ketua PDM (H. Farhan AR) pagi ini sebelum acara Pengajian Akbar dimulai.

 

Salah satu dari enam tahapan adalah soal tenaga akademis. Untuk itu akan dihimpun tenaga-tenaga akademis dari kalangan sendiri. Tentu saja akan terbuka bagi siapa saja yang bersimpati kepada gerakan Muhammadiyah. Saya sendiri ingin mengajak warga/simpatisan Muhammadiyah, khususnya yang tinggal di Depok dan sekitarnya untuk berfastabiqul khairat. Untuk itu, bagi mereka yang berminta untuk bergabung, dengan syarat pendidikan minimum S-2, silahkan kirim CV ke alamat saya : muchdie@yahoo.com atau tinggalkan pesan di kotak pesan di bawah ini. Atau lihat informasi lain di http://univmuhdepok.wordpress.com

 

Mudah-mudahan ini akan menjadi wahana kita untuk beribadah. Semoga

Iklan

Tentang Eid

Blog ini merekam pemikiran, ucapan dan tindakan saya di berbagai aktivitas; sebagai pekerja, pemilik pekerjaan & profesi, pemilik bisnis dan investor serta sebagai saya sendiri.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s