Ganti Bank, Ada Apa ?

Ada memo dari Sestama-BPPT, yang menyampaikan bahwa mulai Oktober 2008, gaji pegawai BPPT akan dibayarkan lewat rekening  pegawai pada Bank BRI. Sosialisasi di Satker-Satker (di Unit Kerja/Kedeputian, gimana ? kok gak disebut dalam memo tersebut) dilaksanakan mulai akhir Agustus s/d minggu ke-2 September 2008. Dimohonkan kepada kepala UPT dan Balai untuk menyampaikan kepada setiap pegawai lingkungannya agar menyiapkan fotocopy KTP dan nama gadis ibu kandung untuk pembukaan rekening BRI tersebut.

 

Selama ini gaji pegawai BPPT dibayarkan ke rekening pegawai di Bank Mandiri. Rasanya ok-ok aja tuh. Lagian layanan e-banking pada Bank Mandiri kayaknya ok punya (Terus terang saya tidak punya afiliasi apapun dengan Bank Mandiri, hutang juga gak punya, ya cuma rekening, itupun dibuka karena gaji BPPT dibayarkan melalui Bank Mandiri). Alasan pindah bank karena adanya MoU semoga juga memberi manfaat bagi para karyawan BPPT. Bukan malah sebaliknya, nyusahin. Yang saya tau, di sekitar Gedung BPPT sini, gak ada kantor Bank BRI, juga ATM-nya (jangan-jangan saya aja yang kuper).

 

Pengalaman singkat saya bertransaksi dengan Bank BRI kurang memuaskan. Layanan lambat, cara kerja manual. Mau setor aja pake nunggu lama, apalagi kalo mau narik Saya pernah punya rekening Simpedes, layanan untuk orang desa. Pokoknya gak nyaman dah. Suatu ketika saya mau transfer ke adik ipar saya di Dauwan, Majalengka. Karena dia Cuma punya rekening BRI, saya datang ke Bank BRI di Jl. Nusantara Raya, Depok. Harapan saya proses transfer lebih mudah dan biaya lebih murah karena transfer di BRI.  Sampe disana, antrian panjang banget. Proses pelayan gak praktis. Akhirnya saya pindah ke Bank sebelah, yang bayarnya cukup mahal dan butuh waktu 3-4 hari.

 

Barangkali untuk daerah pedesaan BRI punya layanan yang lebih unggul dibanding bank lainnya, karena emang yang ada cuma BRI. Di perkotaan, bahkan di pusat kota seperti Jakarta ini, fasilitas layanan BRI masih tanda tanya. Sekali lagi saya bilang, di sekitar Sarinah Thamrin, Merdeka saya belum pernah lihat ada Kantor Bank BRI. Terus gimana kalo mo ambil gaji. Dalam sosialisasi mungkin akan dijelaskan kenapa pindah bank. Saya kira akan diantisipasi untuk menyediakan ATM di Gedung BPPT. Bisa kebayang, setiap awal bulan akan ada antrian panjang di ATM.

 

Perubahan OK-OK aja. Kita berharap pengambilan keputusan untuk berubah, termasuk perubahan rekening gaji pegawai,  didasarkan atas pertimbangan manfaat bagi keseluruhan (sosial-benefits), bukan hanya untuk pihak-pihak tertentu saja (financial-benefits). Semoga.

Tentang Eid

Blog ini merekam pemikiran, ucapan dan tindakan saya di berbagai aktivitas; sebagai pekerja, pemilik pekerjaan & profesi, pemilik bisnis dan investor serta sebagai saya sendiri.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

3 Balasan ke Ganti Bank, Ada Apa ?

  1. tridjoko berkata:

    Kabarnya PKPN punya hubungan dekat dengan BRI yang mungkin bank afiliasinya PKPN. Jadi semua dana yang cair dari PKPN jika menggunakan BRI, tinggal transfer pindah buku aja, jadi dalam hitungan detik sudah masuk ke kas BRI. Sedangkan dari PKPN ke Mandiri, perlu waktu 3-4 hari untuk “clearing”. Makanya gajian di BPPT sekarang tanggal 5 sampai 7. Padahal di tentara, gajian tanggal 1 awal bulan bisa dilakukan, karena bank mereka BRI. Kantor BRI terbesar terdekat dengan Thamrin ada di Jalan Tanah Abang III sekitar 4 blok ke utara dan 2 blok ke barat…

    Pelayanan BRI tidak selalu lambat, tergantung dimana kotanya. Di Semarang, saya pernah mengunjungi BRI unit desa yang sudah bisa online, sehingga saya membayar uang dasawisma RT saya (ongkos sampah dan keamanan) bisa ditransfer langsung dari BRI Unit Desa di Semarang itu. Cuman kalau di Jakarta, kondisi BRI kebanyakan masih memprihatinkan dibandingkan bank sebelah. Di BRI KCP Pondok Gede, antrian dengan nomor kertas yang dibagikan (manual). Tempat duduk kurang dan ruangan terlalu kecil padahal pengunjung banyak. Mungkin BRI terkenal sebagai “bank mikro”. Sementara di BNI antrian sudah pakai nomor yang dikeluarkan komputer, dan nanti yang memanggil ada suara robot komputer. Pelayan teller-nya juga ramah-ramah…

    Tapi kalau BPPT milih BNI, tetap saja gajian tanggal 5. Kalau ente tetap pengin di Mandiri, ya gajian ente jadi tanggal 5. Kalau gue milih BRI, gajian bisa tanggal 1. Masalah ATM, sudah ada “ATM bersama” jadi kalau ngambil di ATM bank plat merah lainnya (BNI, Mandiri) sudah bisa dilakukan dengan cukup mudah dan lancar, dan hanya dikenakan biaya minimal, kalau tidak salah cuman Rp 3.000. Saya lebih baik keluar uang Rp 3.000 daripada antri di depan saya ada sekitar 20 orangan yang transaksinyapun nggak pernah cepat per orangnya. Time is money, Bung !

  2. muchdie berkata:

    “…Kabarnya PKPN punya hubungan dekat dengan BRI yang mungkin bank afiliasinya PKPN. Jadi semua dana yang cair dari PKPN jika menggunakan BRI, tinggal transfer pindah buku aja, jadi dalam hitungan detik sudah masuk ke kas BRI. Sedangkan dari PKPN ke Mandiri, perlu waktu 3-4 hari untuk “clearing”. Makanya gajian di BPPT sekarang tanggal 5 sampai 7. Padahal di tentara, gajian tanggal 1 awal bulan bisa dilakukan, karena bank mereka BRI.”

    Ini yang mungkin perlu dijelaskan…, tapi bukankah Mandiri sama-sama pelat merah ?

    “Kantor BRI terbesar terdekat dengan Thamrin ada di Jalan Tanah Abang III sekitar 4 blok ke utara dan 2 blok ke barat…”

    walaah teteup aja jauuuh.

    “Kalau ente tetap pengin di Mandiri, ya gajian ente jadi tanggal 5. Kalau gue milih BRI, gajian bisa tanggal 1. Masalah ATM, sudah ada “ATM bersama” jadi kalau ngambil di ATM bank plat merah lainnya (BNI, Mandiri) sudah bisa dilakukan dengan cukup mudah dan lancar, dan hanya dikenakan biaya minimal, kalau tidak salah cuman Rp 3.000. Saya lebih baik keluar uang Rp 3.000 daripada antri di depan saya ada sekitar 20 orangan yang transaksinyapun nggak pernah cepat per orangnya. Time is money, Bung”

    Kalo saja bisa memilih…. Pengennya gajian 1 tahun di muka. He..he.

    • george bush berkata:

      gajian tgl 5, 10 apa bedanya? kenapa harus pilih tgl 1???
      orang yg gajian tiap tgl 1 sama2 sebulan lagi baru gajian (tgl 1 bulan berikutnya), sama juga dgn yg gajian tiap tgl 5, 10, 20, atau 25 (gajian bppt dulu)
      memilih tgl 1, tapi mengorbankan layanan yg jauh lebih ok (SMSBANKING, E-BANKING ETC) adalah sebuah preferensi yg tdk jelas alasannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s