Pensiun

Setelah direnung-renung, dengan mempertimbangkan kesehatan, pertimbangan keluarga dan “quality of life“, saya telah menetapkan untuk pensiun normal PNS, yaitu pada usia 56 tahun.

Memang, ada kemungkinan bagi saya untuk pensiun lebih dari waktu normal PNS, yaitu kalau saya punya jabatan fungsional pada tingkat Madya dan Utama, bisa sampe usia 60 tahun. Jabatan fungsional  peneliti saya yang BS (berhenti sementara) adalah Peneliti Madya. Mestinya bisa BUP (Batas Usia Pensiun) sampe usia 60 th.  Tapi saya pikir sudahlah..

Kemungkinan kedua kalau memegang jabatan struktural eselon-2 atau eselon-1. Saat ini saya memegang amanat jabatan struktural eselon-2. Kalo masih dibutuhkan saya bisa pensiun sampai batas usia 60 tahun. Siapa yang butuuh…

Saya tidak akan meminta perpanjangan BUP sampe 60 tahun. Secara struktural saya merasa tidak berprestasi, tidak produktif dan tidak punya kontribusi yang signifikan bagi unit kerja saya. Lima tahun dijabatan struktural mustinya cukup untuk bisa mengukurnya. Masih banyak tenaga-tenaga yang lebih punya potensi untuk berperan (potensi saja tdk cukup; gimana kalo gak ada enerji kinetiknya). Saya yakin mereka akan punya kontribusi yang lebih signifikan untuk kemajuan unit kerja. Jadi saya akan lebih baik lengser. Ini mungkin bentuk kontribusi yang paling signifikan.

Secara fungsional saya juga tidak produktif. Memang, saat ini pangkat saya sudah IV/d, walaupun Kepressnya belum turun. Jadi kalau saya pensiun nanti bisa mencapai IV/e, pangkat paling tinggi di PNS. Buat saya ini sudah lebih dari cukup.

Saya ingin menikmati hidup dan beribadah dengan khusu. Selama ini waktu di jalanan sekitar 5 jam per hari; kadang bisa lebih (kerjanya kapan ?). Bekerja sesuai dengan apa yang ingin saya kerjakan. dan dan saya nilai bermanfaat (baik untuk saya sendiri ataupun bagi orang banyak).

Untuk ancang-ancang, dengan BUP 56 tahun maka saya akan pensiun tmt 20 Oktober 2010. Artinya saya selesai melaksanakan tugas sebagai PNS selama 31 tahun 2 bulan dan 5 hari. Hutang saya sebagai PNS sudah lunas pada 31 Juni 2008 (hutang waktu sekolah di LN  dengan ijin (5 th) dan harus bekerja di Instansi Pemerintah selama 2n+1= 11 tahun).  Waktu “pengabdian” yang cukup.

Kemudian, saya kan perlu siap-siap. MPP (Masa Persiapan Persiun) akan saya ambil mulai 20 Oktober 2009. Makanya akan lebih baik kalau estafet kepemimpinan di unit kerja sudah mulai dilaksanakan pada akhir Oktober 2008 atau paling lambat akhir Desember 2008. Ini akan segera saya sampaikan ke atasan saya.

Ini semua rencana dan keinginan saya sebagai manusia; sebagai PNS. Segala sesuatunya hanya Allah yang maha tahu. Tapi saya sangat berkeinginan agar Allah menunjukkan saya jalan yang diridloinya.

Pensiun pada 20 Oktober 2010 dan selanjutnya menikmati hidup dengan khusu,  sehat , nikmat dan gembira-ria.  Amin.

Tentang Eid

Blog ini merekam pemikiran, ucapan dan tindakan saya di berbagai aktivitas; sebagai pekerja, pemilik pekerjaan & profesi, pemilik bisnis dan investor serta sebagai saya sendiri.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

