Silaturahmi Alumni SMP Muhammadiyah-1 Depok, 1963-2000

Kemaren saya hadir diacara reuni (saya lebih suka nyebutnya silaturahmi, maknanya lebih dalam.., laut kalee) SMP Muhammadiyah-1 Depok.  Saya termasuk angkatan ke-5, masuk tahun 1968 dan lulus tahun 1970. Waktu itu tahun ajaran mulai dari Januari-Desember setelah perpanjangan karena ada  peristiwa G30S tahun 1965.

Lokasi sekolahnya sudah pindah karena kena “gusur” kampus UI tahun 1980an.  Awalnya lokasi sekolah di pinggir rel kereta api dekat stasiun Pondok Cina. Sekarang kira-kira di lokasi Fakultas Ilmu Keperawatan, di belakang Detos nyebrang rel kereta. Suasa tahun 1970an masih kampung banget. Kalo hujan, saya ke sekolah pake kaki ayam. Bawa sepatu dari rumah ditenteng (gak punya tas), terus cuci kaki di sekolah.

Lokasi sekolah yang sekarang di Kelurahan Beji Timur yang sudah tertata dengan baik. Dilewati angkot, berdekatan dengan kampus Poltek Jakarta yang ada di lingkungan kampus UI. Tanahnya cukup luas, bahkan masih ada lapangan sepak bola di depannya. Ini asset yang luar biasa pada keadaan saat ini. Banyak yang ngileer.

Hadir dalam acara tersebut Rektor Uhamka, Dr. H. Suyatno, MPd yang memang tinggal di Beji. Pak Rektor yang juga sebagai Bendahara Majlis Dikdasmen PP Muhammadiyah, memberikan seperangkat buku-buku paket bidang Keislaman dan Kemuhammadiyahan, buku-buku karya Prof. Hamka dan seperangkat komputer. Thank pak Rektor.

Banyak acara yang disuguhkan oleh panitia, yang Ketuanya Pak H. Nalim Neich (Angkatan tahun 1963, yang punya Yayasan Pendidikan Putra Bangsa), tapi saya lebih tertarik ketemu temen-temen sekelas saya. Saya lupa berapa persisnya temen sekelas karena mungkin yang kelas 1 gak sama dengan yang kelas 2. Tapi sudah 3 orang yang lebih dulu menghadap yang Kuasa : Nawin (Kukusan), Sukirman (Kukusan) dan Sabenih (Pondok Cina)… semoga segala amal baik temen2 diterima dan segala dosa dan kesalahan diampuni. Amien..

Beberapa orang sering ketemu, tapi ada juga yang sangat jarang. Bahkan ada yang baru ketemu lagi setelah lulus tahun 1970an akhir. Jadi ada yang sudah gak ketemu selama lbh dari 30 tahun. Berikut ada foto sebagian temen-temen yang juga hadir di acara tersebut.

Sebagian Temen2 Angkatan 5 (1968-1970)

Sebagian Temen2 Angkatan 5 (1968-1970)

Dari kiri ke kanan H.M.Napis (kukusan, PNS Batan), M. Yusup (Kukusan), M.Yamin (Beji), Hamzah (Ponok Cina), Muchdie (Kukusan), Nursiah (Pondok Cina), Muhasim (Kukusan), Muhidin (Pondok Cina), M. Rosyid (Kukusan), Asmat (Cipedak, Sr Sawah), H. Romli (Beji Timur). Semua sudah menyandang gelar aki alias kakek dan juga nenek, kecuali Muhasim yang anaknya baru TK.
Temen-temen sekelas saya kebanyakan berasal dari Kukusan dan Pondok Cina (khususnya Kampung Bojong, yang terkenal dengan pohon salaknya. Sekarang lokasi sekitar Margonda Residence; Gang Kober dan Jl Mesjid AlFurqon), lalu yang dari Kampung  Serengseng (lokasi yg kegusur UI), ingat saya ada 4 atau 5 orang, dari Kemiri Muka satu orang dan Kampng Sawah (Sr sawah) 1 orang. Dari Tanah Baru dan Cipedak (sekarang Cipedak Jagakarsa) juga ada. Bahkan ada yang dari Depok, Pancoran Mas, walaupun cuma sanggup sampe Kelas 2. Karena waktu itu di Depok baru cuma ada 1 SMP Negeri (SMPN-1 Depok) dan beberapa SMP Swasta mungkin baru 3 atau 4 sekolah ). Belum ada jalan beraspal, kendaraan paling top sepeda. Ingat saya kita semua jalan kaki menempuh jarak sekitar 2 – 3 km.
Saya termasuk orang yang gak punya temen deket, biasa-biasa aja. Mudah-mudahan gak punya musih. Tapi ada yang menurut saya termasuk atau kalo mau dianggap yang cukup deket. Nah itu, kita bertiga nih cukup deket karena emang berasal dari Kukusan, yang kalo berangkat dan pulang sekolah barengan. Tapi dalam keseharian seperti sekarang juga jarang ketemu, kecuali dengan H. M. Napis karena sejak Agustus 2006 saya ngontrak kiosnya, buat usaha Depot Air Minum Isi Ulang.
Tiga Serangkai

Tiga Serangkai

Dari kiri kekanan : Saya, M. Rosyid dan M. Napis. M. Rosyid, PNS di DepKes dan M. Napis PNS di Batan. Semuanya sdh deket-deket pensiun.

Memang kita tinggalnya gak jauh-jauh amat. Tapi karena kesibukan yang berbeda dan jalan setelah SMPnya juga beda-beda jadi jarang ketemu.  Saya mau juga ceritra perjalanan saya setelah SMP, terutama kepada temen-temen yang sejak lulus gak pernah ketemu.

Tentang Eid

Blog ini merekam pemikiran, ucapan dan tindakan saya di berbagai aktivitas; sebagai pekerja, pemilik pekerjaan & profesi, pemilik bisnis dan investor serta sebagai saya sendiri.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

