Essai untuk UAS Manajemen Investasi Kelas Reguler

Untuk Ujian Akhir Semester (UAS) ganjir 2012/2013, matakuliah Manajemen Investasi Kelas Reguler Sdr diminta menulis essai 5 – 6 paragraf, dengan topik-topik tertentu. Penulisan essai menggunakan format MS-Words yang soft-copynya dikirim lewat e-mail dan di-upload ke Blog ini, sedangkan hard-copynya dikumpulkan di Sekretariat paling lambat 15 Januari 2013 jam 17.30 WIB.

Adapun essai dimaksud adalah :
1.Tulis essai tentang “cash-flow quadrant”nya Robert T Kiyosaki yang membagi sumber penghasilan menjadi 4 sumber, yaitu : 1. bekerja (untuk orang lain), 2. bekerja mandiri dan professional, 3. mempunyai bisnis dan 4. berinvestasi. Tulisan sekurang-kurang terdiri dari 6 alinea atau paling kurang 500 kata.
2.Tulis essai tentang invesatasi, suatu aktvitas yang memerlukan dana saat ini yang nilainya pasti dan mengharapkan “return” di masa depan yang penuh dengan ketidak pastian. Deskripsikan bagaimana bisnis, properti dan surat berharga di pasar modal menjadi wahana investasi yang memungkinkan. Tulisan sekurang-kurangnya terdiri atas 5 alinea atau paling kurang 500 kata.
3.Tulis essai tentang bagaimana bisnis menjadi sumber penghasilan seseorang. Bedakan bisnis dengan bekerja mandiri secara professional. Deskripsikan bahwa sistem bisnis yang terkendalikan dengan baik membuat bisnis tetap jalan walaupun pemiliknya sedang “jalan-jalan”. Sdr dapat menguraikan sistem bisnis berdasarkan sektor produksi atau pun berdasarkan sistem yang Sdr kembangkan sendiri, wara-laba dan multi-level bisnis. Tulisan sekurang-kurangnya terdiri atas 5 alinea atau paling kurang 500 kata.
4.Tulis essai tentang properti sebagai wahana investasi. Jelaskan/deskripsikan mengapa properti merupakan investasi yang menguntungkan. Juga secara seimbang jelaskan apa kelemahan-kelemahan investasi di sektor properti. Tulisan sekurang-kurangnya terdiri atas 6 alinea atau paling kurang 500 kata. (Petunjuk : ingat empat pertanyaan yang bisa menjawab mengapa properti merupakan investasi yang menguntungkan.)
5.Tulis essai tentang berinvestasi di pasar modal, terutama investasi saham reksadana dan indeks. Sdr bisa mulai dengan menjelaskan apada bedanya investasi saham, reksadana dan indeks. Apa keunggulan-keunggulan berinvestasi di surat berharga tersebut. Jelaskan juga apa kelemahan-kelemahannya. Tulisan sekurang-kurangnya terdiri atas 5 alinea atau paling kurang 500 kata.

Catatan : Untuk Ujian Kendali Mutu, sekitar bulan Februari Sdr perlu mempelajari kasus-kasus dan soal-soal perhitungan, seperti yang terdapat dalam bahan kuliah

About these ads

Tentang muchdie

Blog ini merekam pemikiran, ucapan dan tindakan saya di berbagai aktivitas; sebagai pekerja, pemilik pekerjaan & profesi, pemilik bisnis dan investor serta sebagai saya sendiri.
Tulisan ini dipublikasikan di Teachning & Education. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s