Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-66

Dua tahun terakhir ini saya hadir di upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia berbeda dengan sebelumnya. Waktu masih di BPPT, sebagai pejabat eselon dua selama 7 tahun, saya selalu hadir di upacara bendera di BPPT. Bahkan setiap tahun diundang hadir di Istana Negara untuk upacara penurunan (duplikat) bendera pusaka. Terus terang, yang upacara penurunan bendera agak malas saya hadir. Saya tanya beberapa teman, apa mau hadir, jawabnya sering gak jelas. Malesnya, parkirnya jauh dan “terlalu” protokoler (lha upacara di istana ya memang mesti protokoler).

Tahun lalu, saya hadir di upacara di kampus Uhamka, kampus B  jalan Tanah Merdeka Pasar Rebo. Pembina upacara Rektor Uhamka, dan selesai upacara masih dilanjut dengan acara rapat seluruh pimpinan Universitas dan pimpinan Fakultas dan Program Pascasarjana. Rasanya, itu rapat yang paling lengkap. Seluruh pimpinan Fakultas dan Program Pascasarjana hadir. Tema-nya lebih pada masukan Fakultas dalam rangka pengembangan Universitas.

Tahun ini agak lain, karena saya hadir upacara di Kantor Kopertis Wilayah-3. Waktu tahun lalu saya pake pakaian lengkap, jas dan tanda-tanda kehormatan dari Presiden RI, tahun ini saya pake seragam Korpri, seragam yang belum pernah saya pake ketika di BPPT. Saya ditugaskan hadir mewakili dosen PNS dpk di Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, karena memang cuma diminta 10 orang perwakilan saja dari UHAMKA. Memang masuk akal, karena dosen PNS dpk ke Universitas swasta cukup banyak. Selain tempat upacara gak cukup, parkirnya pasti membuat kemacetan. (Tadinya saya mau nyopir sendiri, karena itu kan hari libur, saya kesian sama sopir saya, tetapi membayangkan betapa macetnya, saya dengan rasa kurang enak minta sopir saya masuk juga hari itu).

Ada suasana dan perasaan tersendiri, setelah 32 tahun di BPPT terus mutasi ke Kemendiknas dengan fungsional sebagai dosen, ketika mengikuti upacara tersebut. Banyak sekali yang saya gak kenal. Ada beberapa, mungkin kurang dari 10 orang yang saya sudah kenal. Yang dari Uhamka, ternyata mereka yang dapat surat tugas tidak seluruhnya hadir. Tapi yang tidak dapat surat tugas, banyak juga yang hadir. Mudah-mudah kedairab saya di tempat upacara tersebut menambah semangat saya dalam bekerja, sebagai dosen PNS dipekerjakan ke Universitas Swasta, yang mangkal di Kopertis Wilayah-3.

Kalo waktu di BPPT, sehabis apel, biasanya lasung pulang atau ke tempat lain yang bebas saja. Sekarang tidak, saya gak tau teman di Universitas lain. Sehabis upacara, ada undangan rapat untuk persiapan borang akreditasi program studi, khususnya untuk prodi di FKIP. Selain ada dua prodi yang memang belum terakreditasi, juga ada beberapa prodi yang akreditasinya habis masa berlakunya. Ideal-nya 6 bulan sebelum habis, perpanjangannya sudah diajukan. Selain “mental”nya yang memang belum disiplin, sumberdaya manusia yang terbatas menjadi kendalanya. Komitment untuk taat azas dari tingkat pimpinan sangat tinggi, baik di tingkat universitas maupun di tingkat fakultas. Mudah-mudah itu semua menjadi modal bagi kemajuan Uhamka di masa mendatang.

Alhamdulillah, sedikit lewat waktu dhuhur, rapat selesai dan di tutup pak Rektor. Saya ingin juga menikmat hari libur. Sayang, cuaca sangat panas, sehingga saya gak berani ke luar rumah. “Garuda di dadaku” sebuah tayangan di station TV swasta, kemudian, jadi pilihan saya.

Merdeka..Dirgahayu Republik Indonesia..

Tentang muchdie

Blog ini merekam pemikiran, ucapan dan tindakan saya di berbagai aktivitas; sebagai pekerja, pemilik pekerjaan & profesi, pemilik bisnis dan investor serta sebagai saya sendiri.
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Berikan Balasan

